Rifqu Khanif
Ketum PSSI Erick Thohir.(ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Bolatimes.com - Dua laga di pekan ke-22 Liga 1 2023/2024, antara Persib Bandung vs Persik Kediri dan Persita Tangerang vs Persikabo 1973, terdapat pemandangan yang menarik.

Pemandangan berbeda hadir di dua laga tersebut berkat adanya wasit asing. Diketahui, PSSI menjalin kolaborasi dengan wasit asal Jepang.

Pertandingan Persib Bandung vs Persik Kediri dipimpin oleh Futoshi Nakamura. Dia merupakan wasit yang kenyang pengalaman memimpin pertandingan Liga Jepang.

Baca Juga:
Beda dari Fakhri Husaini, Bima Sakti Berjanji Tak akan Kritik Pelatih Timnas Indonesia: Saya Tahu Prosesnya Berat!

Sementara, di laga Persita Tangerang vs Persikabo 1973, dipimpin oleh Yusuke Araki. Seperti halnya Nakamura, Yusuke memiliki pengalaman memimpin pertandingan Liga Jepang.

Menurut dari keterangan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dikutip dari laman pssi.org, (11/12), kerja sama ini dalam bentuk upaya meningkatkan kualiatas perangkat wasit di Indonesia.

"Ini adalah sebuah bentuk kerja sama kita untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan, tidak sekadar wasit asing memimpin tapi berkolaborasi dengan wasit lokal," kata Erick Thohir.

Baca Juga:
Tidak Diinginkan Shin Tae-yong, Kiper Panathinaikos Cyrus Margono Ingin Jadi WNI Atas Kemauan Sendiri

Bahkan, menurut Erick, bukan hanya berkolaborasi dengan wasit asal Jepang. PSSI berupaya meningkatkan kualitas Liga 1 dengan mendatangkan VAR.

"Sepakbola kita akan meningkat kualitasnya jika diikuti juga dengan peningkatan SDM yang terlibat di dalamnya terutama perangkat pertandingan," lanjutnya.

"Dengan usaha untuk meningkatkan kualitas wasit plus penggunaan VAR nanti kita berharap kompetisi kita semakin berkualitas dari segala sisi termasuk dari kualitas pertandingan yang punya standar tinggi," jelasnya.

Baca Juga:
Pelatih Persik Ungkap Kunci Sukses Benamkan Persib: Efek Analisis Satu Pekan

 

 

 

Load More