Rifqu Khanif
Pemain naturalisasi Vietnam. (soha.vn)

Bolatimes.com - Vietnam menjadi salah satu tim asal Asia Tenggara yang juga melakukan program naturalisasi pemain untuk memperkuat kedalaman skuadnya. Tapi ada perbedaan pilihan pemain naturalisasi Vietnam dengan Timnas Indonesia ataupun tim lainnya.

Diketahui, perbedaan pemilihan pemain naturalisasi dari Vietnam dengan Timnas Indonesia ada pada posisi bermainnya. Bintang Emas julukan Vietnam gemar atau suka melakukan naturalisasi di posisi kiper.

Sementara, Timnas Indonesia lebih fleksibel, Shin Tae-yong memilih pemain naturalisasi di luar penjaga gawang. Namun, hal berbeda ditunjukkan oleh Vietnam.

Baca Juga:
'Roti Sobek' Asnawi Mangkualam Disorot saat Latihan Mandiri, Bek Timnas Indonesia Banjir Pujian

Bintang emas menaturalisasi kiper bukan tanpa sebab, baru-baru ini Vietnam baru saja mendapatkan pemain asal Slowakia, Filip Nguyen.

Filip Nguyen adalah penjaga gawang keturunan Vietnam-Slowakia, dia bukan kiper naturalisasi pertama dari Bintang Emas.

Sebelumnya ada Dang Van Lam yang dinaturalisasi sekitar tahun 2015-2016, dia kiper yang pernah merumput di Liga 1 Jepang.

Baca Juga:
Komentar Menohok saat Laga Dewa United vs Bali United Ditunda karena Lapangan Banjir: Tinggal Bawa Pancingan Aja

Tapi, menurut Park Hang-seo sebagai mantan pelatih tim tersebut, membocorkan kedok kenapa Vietnam suka naturalisasi posisi kiper.

"Federasi sepak bola Vietnam tidak memiliki banyak informasi pemain di luar negeri," kata Park dikutip The Thao 247.

"Saya hanya memiliki informasi tentang penjaga gawang," imbuhnya.

Baca Juga:
Naturalisasi Gemuk di Posisi Belakang, Ini Alasan Shin Tae-yong Tak Pilih Penyerang Keturunan

Penjaga gawang yang dimaksud adalah Filip Nguyen. Hal itu membuat Vietnam lebih memilih merekrut kiper akibat minimnya database soal pemain keturunan.

Load More