Rifqu Khanif
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang memiliki garis keturunan Jawa. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia merupakan Tim Nasional yang dihuni oleh pemain pilihan pelatih Shin Tae-yong dan dinilai memiliki kualitas mumpuni. Termasuk pemain keturunan Indonesia.

Bukan hanya diisi oleh pemain yang sedang merumput di liga lokal atau Liga 1 saja, Shin Tae-yong kerap memanggil nama-nama dari daratan Eropa untuk mengisi skuad Timnas Indonesia.

Apalagi di era globalisasi, bukan hal yang tabu bagi setiap Tim Nasional untuk memanggil pemain keturunannya, termasuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Bojan Hodak Khawatirkan Lini Tengah Jelang Persib Bandung vs Persik Kediri

Sejak ditangani oleh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sudah beberapa kali memanggil pemain keturunan untuk memperkuat Pasukan Garuda.

Diketahui, Timnas Indonesia memiliki banyak pemain keturunan dari berbagai daerah di tanah air, seperti Maluku, Jawa, hingga Sulawesi.

Khususnya di tim Shin Tae-yong saat ini, ada enam pemain naturalisasi keturunan Indonesia, mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh.

Baca Juga:
Babak Baru Erik Ten Hag vs Jadon Sancho, Manajer Manchester United Blak-blakan Katakan Ini

Namun, artikel ini akan membahas mengenai tiga pemain naturalisasi berketurunan dari Jawa, seperti dikutip dari keterangan Pakar Hasani Abdulgani, di kanal YouTube Hasani's Corner.

3 Pemain Naturalisasi yang memiliki garis keturunan Jawa:

1. Sandy Walsh

Baca Juga:
Jordi Amat Kecewa setelah Melihat Rumput Stadion Bukit Jalil Markas Malaysia, Ini Penyebabnya

Sandy Walsh merupakan pemain bertahan dari klub Belgia KV Mechelen, dia adalah Pria kelahiran Brussels, 14 Maret 1995.

Pelatih Timnas mengajukan nama Sandy Walsh untuk dinaturalisasi setelah mengetahui pemain tersebut memiliki keturunan Indonesia, khususnya kakek-neneknya berasal dari Jawa.

Dengan demikian, Sandy Walsh merupakan pemain keturunan yang berasal dari Jawa, yakni Purworejo dan Surabaya.

2. Rafael Struick

Pemain Ado Den Haag Rafael Struick adalah penyerang dengan garis keturunan asal Jawa, yakni dari daerah Semarang. Pria yang masih berusia 20 tahun ini dipilih oleh Shin ke Timnas karena memiliki darah Indonesia.

3. Ivar Jenner

Ivar Jenner pemain muda asal FC Utrecht adalah gelandang berketurunan Jawa, khususnya dari daerah Jember, Jawa Timur. Nenek moyang Ivar diketahui berasal dari Kabupaten tersebut.

Saat ini Shin mengandalkan Ivar sebagai gelandang Timnas Senior maupun U-23.

 

Load More