Rifqu Khanif
Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Turkmenistan, dan jadi top skor sementara Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Setiap pelatih pasti memiliki pemain andalannya sendiri yang cocok masuk dalam sistem dari taktik sang nahkoda. Begitupun dengan Shin Tae-yong, sejak datang menangani Timnas Indonesia, pelatih asal Korea Selatan sudah memanggil beberapa pemain pilihannya.

Shin Tae-yong datang menjadi pelatih Timnas Indonesia pada akhir 2019, dia menggantikan Simon McMenemy. Namun, sayangnya pada 2020, pelatih asal Korea Selatan terhambat karena adanya pandemi covid-19.

Sejak turun menjadi juru taktik Timnas Indonesia, berbagai terobosan baru dilakukan oleh Shin Tae-yong, yang paling mengundang perhatian publik sepak bola tanah air adalah, pelatih asal Korea Selatan tersebut berani memotong generasi.

Baca Juga:
Penampilan Ferdiansyah Saat Persib Bantai Dewa United Tuan Pujian

Pemain senior yang dinilai oleh publik sedang dalam puncak karirnya, justru tidak dipilih ke Timnas Indonesia, sebut saja nama Andritany Ardhiyasa, Febri Hariyadi, Hansamu Yama Pranata hingga Andik Vermansyah.

Shin Tae-yong lebih memilih pemain baru untuk memperkuat Pasukan Garuda, muncul Ricky Kambuaya, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho hingga Yakob Sayuri yang masih minim pengalaman internasional.

Sejumlah turnamen dan ujicoba internasional sudah dilakukan oleh Shin sejak datang menjadi pelatih, dan tentunya, Indonesia menorehkan sejumlah gol.

Baca Juga:
Persib Berlakukan Syarat Khusus untuk Bobotoh yang Ingin Nonton Tiga Pertandingan ini, Salah Satunya Lawan Persija

Dari gol yang dikoleksi Pasukan Garuda tentu disumbangkan oleh beberapa nama pemain pilihan Shin. Tapi siapa top skor Timnas era pelatih Shin Tae-yong? 

Berikut daftar top skor Timnas Indonesia di era STY seperti dirangkum oleh Bolatimes dari data pertandingan resmi yang dilakoni Pasukan Garuda sejak 2021-2023 (melawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026).

5 Top skor Timnas era STY:

Baca Juga:
Gagal Bawa ke K-League 1, Begini Nasib Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons FC

1. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri merupakan pemain yang saat ini membela Dewa United FC, sejak Timnas ditangani oleh Shin, dia sudah berkontribusi 9 gol.

2. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman merupakan pemain yang kerap dipanggil oleh Shin, dia sudah mengoleksi 9 gol sejauh ini di bawah arsitek asal Korea Selatan.

3. Dimas Drajad

Pemain asal Persikabo ini di awal Shin melatih, belum menjadi pemain andalannya, namun, ketika hendak melakoni Kualifikasi Piala Asia 2023, dia dipanggil ke Timnas, dan mengoleksi 6 gol.

4. Dendy Sulistyawan

Pemain yang menonjol sejak membela Persela Lamongan, Dendy Sulistawan striker Bhayangkara FC dipercaya oleh Shin, dan sejak dipanggil oleh sang pelatih, dia mengemas 5 gol.

5. Ricky Kambuaya

Meski berposisi sebagai gelandang, Ricky Kambuaya pemain asal Dewa United sudah mencatatkan 5 gol sejak Timnas ditangani oleh Shin.

 

Load More