Rizki Laelani
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah), Pelatih Timnas Senior dan U-23 Shin Tae-yong (kiri), Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri (kanan) menonton pertandingan Timnas Latvia melawan Timnas Kanada dalam laga babak fase grup FIBA World Cup 2023.

Bolatimes.com - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengidentifikasi potensi hambatan dalam pembentukan Tim Nasional U23 Indonesia untuk Final Piala Asia U23 di Qatar pada April 2024.

Kendala ini timbul karena beberapa pemain kunci Timnas U23 sedang aktif bermain di klub mereka masing-masing.

Menarik perhatian mereka dari klub untuk bergabung dengan Timnas U23 menjadi tugas yang tidak mudah, terutama karena jadwal pertandingan tidak sesuai dengan Kalender FIFA pada bulan April 2024.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Bermain Buruk saat Meladeni Filipina, Shin Tae-yong Sebut Penyebabnya Karakter Lapangan

“Alhamdilillah, Timnas U23 lolos ke Final Piala Asia. Namun sekarang problemnya bukan itu. Di bulan April (2024) itu bukan Kalender FIFA," ucapnya.

Artinya kata dia, berbicara liga, bagaimana agar para pemain Timnas bisa mendukung. "Karena ini Sejarah (bagi Indonesia),” ujar Erick dikutip sari suara.com.

Tentu saja! Erick memastikan bahwa pada bulan April 2024, beberapa pemain pilihan Timnas U23 Indonesia sedang aktif bersinar di klub masing-masing. Pratama Arhan tampil gemilang bersama klub Tokyo Verdy di Jepang, sementara Elkan Baggott menunjukkan keahliannya di Cheltenham Town FC, Inggris. Selain itu, Marselino Ferdinan juga turut memperkuat Deinze di Belgia.

Baca Juga:
Mengintip Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk Lolos dari Grup A Piala Asia U-23 2024

“Kami bicara dengan klub yang jadi tempat main di luar negeri dan dalam negeri, semua. Tidak mudah. Jadi kita mulai kerja agar April (2024) kita punya tim terbaik," katanya.

"Musuh - musuhnya berat. Dan ada optimisme, kalau masuk 3 atau 4 terbaik, kemungkinan lolos ke Olimpiade. Kapan lagi," ucapnya.

"Karena ini generasi emas sepak bola Indonesia. Seperti Elkan baru 20 tahun (usianya), Arhan masih 22, lalu marselino baru 19 tahun,” ujar Erick. (*)

Baca Juga:
Profil Qatar: Lawan Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024 yang Pernah Rekrut Pemain Indonesia

 

Load More