Rifqu Khanif
Catatan Asnawi Mangkulam di laga Timnas Indonesia lawan Filipina.(Dok. AFF)

Bolatimes.com - Bung Ropan memiliki catatan khusus yang bisa diberikan ke Asnawi Mangkualam usai laga Timnas Indonesia melawan Filipina, di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F.

Menurut Bung Ropan, penampilan Asnawi Mangkualam ketika berhadapan dengan Filipina tidak begitu istimewa.

Bahkan, dalam pertandingan melawan Filipina, Asnawi Mangkualam diplot sebagai winger kanan dan sesekali berpindah ke sebelah kiri. 

Baca Juga:
Persib dan Teja Paku Alam Disanksi Komdis PSSI

Penempatan Asnawi ke sisi winger dilakukan Shin Tae-yong setelah pelatih Timnas Indonesia tersebut juga menurunkan Sandy Walsh.

Sandy Walsh sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan seperti Asnawi. Tapi, Bung Ropan mengiranya, Shin Tae-yong bakal memasang Sandy di tengah.

Akhirnya Asnawi menempati posisi barunya sebagai winger, atau lebih menyerang. Hal itu membuat penampilan bek asal Jeonnam Dragons FC dikritik Bung Ropan.

Baca Juga:
Pelatih dan Pemain Persib Kompak, Ezra Walian Singgung 'Kado' untuk Bobotoh

"Saya pikir ketika dia (Sandy) dimainkan, dia akan bermain di posisi tengah, ternyata bermain dengan 5 pemain di belakang, dengan 5-3-2 ini, dia justru bermain di bek kanan. Terjadi perubahan dengan Asnawi yang didorong ke depan," jelasnya, dilansir dari kanal YouTube Bung Ropan, (21/11).

"Padahal Asnawi saya lihat dalam pertandingan ini tidak tampil istimewa, terlalu banyak memaksakan diri untuk bisa bermain ya. Melakukan terobosan-terobosan, tapi tidak memiliki visi bermain yang jelas," imbuhnya.

Bung Ropan menegaskan, terjadi penumpukan di sisi kanan saat Asnawi dan Sandy dimainkan secara bersama.

Baca Juga:
Bentrok Suporter vs Polisi Brasil, Lupakan Lionel Messi, Sokok Ini Jadi Pahlawan Argentina

Load More