Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 saat melawan China Taipei di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Melihat skenario jika Timnas Indonesia U-23 takluk di laga terakhir grup K kontra Turkmenistan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Akankah tim Merah Putih tetap lolos ke putaran final?

Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga terakhir grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan menghadapi Turkmenistan, Selasa (12/9) pukul 19.00 WIB.

Pertandingan ini menjadi pertandingan penentuan bagi kedua tim untuk memperebutkan status juara grup K dan merebut tiket otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Secara matematis, Timnas Indonesia U-23 saat ini unggul atas Turkmenistan di klasemen kendati kedua tim sama-sama mengumpulkan tiga poin berkat kemenangan atas Chinese Taipei.

Tim besutan Shin Tae-yong itu unggul di klasemen karena berhasil menang 9-0 atas Chinese Taipei, berbeda dengan Turkmenistan yang hanya menang 4-0 atas juru kunci grup K itu.

Dengan keunggulan selisih gol ini, Timnas Indonesia U-23 pun hanya perlu menang atau meraih hasil imbang saja di laga kontra Turkmenistan untuk memastikan status juara grup.

Tapi bagaimana jika Timnas Indonesia U-23 kalah dari Turkmenistan? Apakah kekalahan itu membuat skuad Garuda Muda tetap lolos ke Piala Asia U-23 2024?

2 Syarat Lolos jika Timnas U-23 Kalah

Jika kalah dari Turkmenistan di laga terakhir grup K, Timnas Indonesia U-23 masih punya kesempatan untuk lolos ke Piala Asia U-23 2024 via jalur Runner Up grup terbaik.

Tapi untuk lolos via jalur Runner Up grup terbaik, Timnas Indonesia U-23 harus bisa memenuhi dua syarat, antara lain:

1. Kalah Tak Lebih dari 0-2

Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke putaran final via jalur Runner Up grup terbaik dengan catatan tak kalah lebih dari 0-2 dari Turkmenistan.

Saat ini, klasemen Runner Up grup dihuni oleh tiga tim yang punya selisih gol sama, yakni keunggulan empat gol dan satu tim yang punya keunggulan dua gol saja.

Jika Timnas Indonesia U-23 kalah dari Turkmenistan dengan skor 0-2, ada kemungkinan skuad Garuda Muda akan finis di peringkat keempat klasemen Runner Up terbaik.

Posisi keempat klasemen Runner Up terbaik itu merupakan posisi yang aman untuk lolos, mengingat hanya ada empat tiket yang diberikan ke Runner Up terbaik.

2. Tim Runner Up Tak Menang di Laga Terakhir

Selain punya selisih gol yang sama, beberapa negara di klasemen Runner Up terbaik juga punya poin yang sama yakni poin tiga, poin yang sama dengan Timnas Indonesia U-23 jika kalah dari Turkmenistan.

Dengan poin yang sama itu, Timnas Indonesia U-23 pun masih berpotensi menjadi salah satu dari empat Runner Up terbaik di akhir Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Tapi, Timnas Indonesia U-23 baru bisa lolos jika negara-negara lainnya yang berstatus Runner Up juga tak meraih kemenangan di laga terakhir, seperti Myanmar, Iran, Kamboja, Malaysia, Tajikistan dan Kuwait.

Jika negara-negara itu gagal menang, Timnas Indonesia U-23 yang punya poin tiga jika kalah dari Turkmenistan, setidaknya punya keunggulan selisih gol untuk bisa meraih satu dari empat tiket ke Piala Asia U-23 2024.

Load More