Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia saat melibas Burundi 3-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (25/3/2023) (PSSI)

Bolatimes.com - Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Turkmenistan pada FIFA Matchday September 2023 usai adanya badai cedera yang menerpa skuad Garuda.

Timnas Indonesia harus mendapati nasib buruk usai beberapa pilarnya diterpa badai cedera jelang melawan Turkmenistan dalam agenda FIFA Matchday, Jumat (8/9).

Hingga artikel ini dibuat, dilaporkan ada empat pemain skuad Garuda yang dipastikan dan berpotensi absen menghadapi tim peringkat 138 dunia tersebut.

Baca Juga:
Bertolak ke Solo, Shin Tae-yong Mulai Pimpin Latihan Timnas Indonesia U-23 Hari Ini

Empat pemain tersebut adalah Sayuri bersaudara, yakni Yakob dan Yance, lalu Dimas Drajad, dan terakhir pemain naturalisasi yakni Shayne Pattynama.

Yakob, Yance, dan Dimas Drajad harus mendapati cedera dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 bersama klubnya masing-masing, yakni PSM Makassar dan Persikabo 1973.

Sedangkan Shayne Pattynama juga mengalami cedera usia membela timnya, Viking FK, dalam lanjutan Liga Denmark beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
7 Pemain Masih Absen pada Latihan Perdana Timnas Indonesia U-23, Siapa Saja?

Meski sama-sama mendapati cedera, tiga pemain yakni Yakob, Yance, dan Dimas Drajad masih tergabung dalam skuad dan masih berada dalam pemusatan latihan di Surabaya.

Sedangkan untuk Shayne Pattynama sendiri dipastikan tak akan berlabuh ke Indonesia di FIFA Matchday kali ini untuk menjalani perawatan bersama klubnya.

Banyaknya pemain yang berpotensi absen akibat cedera ini membuat Timnas Indonesia pun harus memutar otak untuk menentukan susunan pemain di laga kontra Turkmenistan.

Baca Juga:
Profil Zeng Tailin, Pelatih Chinese Taipei yang Puji Kualitas Timnas Indonesia U-23

Kira-kira, bagaimana susunan pemain yang akan diterapkan Timnas Indonesia di laga kontra Turkmenistan nanti? Berikut ulasannya.

Gunakan Formasi 3 Bek

Cederanya para pemain pilar dan hadirnya para pemain baru yang dipanggil membuat skuad Timnas Indonesia untuk melawan Turkmenistan akan berisikan 25 pemain.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Turkmenistan: Skuad Garuda Unggul

Sebanyak 25 pemain yang dibawa itu adalah para pemain yang berusia senior dan dikombinasikan dengan beberapa para pemain muda di bawah usia 23 tahun.

Jika melihat para pemain yang tersedia saat ini, besar kemungkinan Shin Tae-yong akan memainkan formasi tiga bek andalannya atau formasi 3-4-3.

Untuk pos penjaga gawang, nama Nadeo Argawinata yang sempat tersisihkan, kemungkinan akan dipasang di bawah mistar berkat penampilan apiknya bersama Borneo FC.

Lalu untuk tiga bek di depan Nadeo, nama-nama beken seperti Fachruddin Aryanto dan Jordi Amat akan turut menjadi starter. Keduanya akan ditemani pemain yang baru akan debut yakni Sandy Walsh.

Besar kemungkinan Sandy Walsh akan dipasang sebagai bek tengah kanan, dan membiarkan pos Wing Back kanan ditempati oleh Asnawi Mangkualam yang tampil apik di Jeonnam Dragons.

Lalu untuk dua pos gelandang tengah akan ditempati oleh Marc Klok serta Ricky Kambuaya, mengingat kombinasi keduanya sudah terjalin sejak lama.

Sedangkan pos wing back kiri yang mestinya ditempati Shayne Pattynama, kemungkinan besar akan diisi oleh Edo Febriansah yang terampil saat bermain di pos tersebut.

Untuk tiga penyerang depan, dua pemain yang tengah on fire di Liga 1 yakni Egy Maulana Vikri dan Stefano Lilipaly akan dipasang dan menemani Dendy Sulistyawan sebagai Target Man.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Turkmenistan pada FIFA Matchday September 2023.

Timnas Indonesia (3-4-3):

Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Fachruddin  Aryanto, Jordi Amat; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Edo Febriansah; Egy Maulana Vikri, Dendy Sulistyawan, Stefano Lilipaly.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More