Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Rekor pertemuan Timnas Indonesia vs Turkmenistan cukup menguntungkan skuad Merah Putih. Ini harusnya bisa menjadi modal positif buat Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia akan menghadapi Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Jumat ( Shin Tae-yong sudah memanggil 24 pemain untuk laga ini.

Lantas, seperti apa rekor pertemuan Timnas Indonesia melawan Turkmenistan?

Baca Juga:
Kepada Media Jepang, Zahra Muzdalifah Beber Borok Sepak Bola Wanita Indonesia hingga Pilih Merantau

Disitat dari laman 11v11.com, Timnas Indonesia sudah empat kali bertemu dengan Turkmenistan sebelum nanti berjumpa di FIFA Matchday September 2023.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia dengan Turkmenistan terjadi pada 31 Maret 2004. Duel ini merupakan laga Kualifikasi Piala Dunia 2006.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpiade Ashgabat tersebut dimenangkan oleh Turkmenistan dengan skor 3-1.

Baca Juga:
8 Pemain Persija Jakarta yang Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 dan Tim Senior

Satu-satunya gol Timnas Indonesia saat itu dicetak oleh Budi Sudarsono. Sementara tiga gol Turkmenistan dilesakkan Vladimir Bayramov (2 gol) dan Begencmuhamed Kuliyew.

Di tahun yang sama, tepatnya pada 17 November 2004, giliaran Timnas Indonesia yang menjamu Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Karno.

Di pertemuan kedua tersebut, Timnas Indonesia berhasil menang meyakinkan 3-1. Tiga gol Skuad Garuda semua dicetak oleh Ilham Jaya Kesuma.

Baca Juga:
Profil Lee Jae-hong, Eks Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang Kini Jadi Pelatih Fisik Timnas Korea Selatan

Pertemuan ketiga Timnas Indonesia vs Turkmenistan terjadi dengan jeda cukup lama. Tepatnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia putaran kedua yang berlangsung dua leg.

Leg pertama berlangsung di markas Turkmenistan, Stadion Ashgabat pada 23 Juli 2011. Hasilnya, laga berakhir imbang 1-1 buat kedua tim.

Ilham Jaya Kesuma kembali menjadi penyelamat Timnas Indonesia lewat gol penyama kedudukan.

Baca Juga:
3 Pemain Borneo FC Bela Timnas Indonesia Lawan Turkmenistan, Pieter Huistra: Semoga Mereka Menang

Leg kedua kemudian berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno pada 28 Juli 2011. Timnas Indonesia kali ini berhasil meraih kemenangan 4-3.

Empat gol Indonesia disumbang Cristian Gonzales (2 gol), Ahmad Nasuha, dan Muhammad Ridwan.

Kendati Timnas Indonesia unggul soal rekor pertemuan melawan Turkmenistan, catatan ini tidak bisa dijadikan acuan pasti karena kondisi yang telah berbeda.

Turkmenistan sudah semakin berbenah. Ini terlihat dari peringkat mereka yang kini menduduki ranking ke-138 FIFA, sedangkan Indonesia di posisi ke-150.

Rekor Pertemuan Indonesia vs Turkmenistan

31 Maret 2004: Turkmenistan 3-1 Indonesia

17 November 2004: Indonesia 3-1 Turkmenistan

23 Juli 2011: Turkmenistan 1-1 Indonesia

28 Juli 2011: Indonesia 4-3 Turkmenistan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More