Husna Rahmayunita
Zahra Muzdalifah membela Cerezo Osaka. (Instagram/@cerezo_ladies)

Bolatimes.com - Pesepakbola wanita asal Indonesia yang sedang berkarier di Jepang, Zahra Muzdalifah, curhat ke media soal tidak adanya Liga Sepak Bola Wanita di Indonesia.

Sebagai informasi, Zahra Muzdalifah menjadi pesepakbola wanita Indonesia pertama yang menjadi pemain profesional pertama di Jepang.

Hal ini terwujud setelah ia resmi bergabung dengan Cerezo Osaka pada Juli kemarin. Sebelumnya, Zahra membela Persija Wanita, Asiana Soccer School, dan South Shield FC di Inggris.

Baca Juga:
8 Pemain Persija Jakarta yang Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 dan Tim Senior

Keputusan untuk berkarier di luar negeri ini diambil oleh wanita berusia 22 tahun tersebut karena Liga Sepak Bola Putri Indonesia vakum pasca pandemi.

Keputusan untuk berkarier di luar negeri pun menjadi pilihan realistis atau bahkan menjadi satu-satunya pilihan buat Zahra untuk berkembang.

"Tidak ada liga sepak bola wanita di negara saya (Indonesia). Bagaimana saya bisa meningkatkan keterampilan saya tanpa liga?" ungkap Zahra sebagaimana dikutip dari kanal YouTube WE League.

Baca Juga:
Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23, Taiwan Lakukan Uji Coba Lawan Tim yang Kalahkan Indonesia di Piala AFF U-23

"Tidak ada kompetisi, hanya berlatih dengan pemain pria. Itu sebabnya saya ingin pergi ke luar negeri," katanya.

Sebelum datang ke Jepang, ia pun mengaku sempat bermain sepak bola di bawah Inggris selama empat bulan. Dari sanalah, ia mulai mendapat banyak pengalaman hingga akhirnya dapat tawaran dari klub wanita Cerezo Osaka Ladies di ajang WE League 2023/2024.

Hadirnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI yang baru pun nyatanya belum membawa perubahan signifikan soal Liga Wanita di Indonesia.

Baca Juga:
Update Top Skor BRI Liga 1 2023/2024 hingga Pekan ke-11: Gustavo Almeida Masih Tak Terkejar

Maka dari itu, Zahra Muzdalifah berharap bisa menjadi pembuka jalan bagi para pesepakbola putri Indonesia lainnya untuk bisa berkarier di luar negeri.

“Saya ingin mengubah sesuatu menjadi lebih baik. Alasan mengapa saya datang ke luar negeri seperti ini adalah untuk membuka pintu dan peluang bagi banyak masyarakat Indonesia untuk bermain di luar negeri," ujarnya. 

Baca Juga:
Deretan Pemain Timnas Indonesia Senior di Skuat Kualifikasi Piala Asia U-23, Auto Lolos ke Putaran Final?

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More