Rauhanda Riyantama
Selebrasi Marko Simic usai cetak gol saat Persija Jakarta ditahan imbang Persib Bandung. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Persija Jakarta gagal memetik kemenangan saat menjamu Persib Bandung pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/2024, Sabtu (2/8). Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1.

Padahal Persija unggul cepat pada menit ke-14 melalui Marko Simic yang memanfaatkan umpan sepak pojok Maciej Gajos lewat sundulan akurat yang merobek jala Persib.

Mimpi buruk Persija muncul di pertengahan babak kedua. Hanif Sjahbandi yang baru tampil di paruh kedua, diusir wasit setelah dianggap melakukan tindakan kurang sportif kepada bek Persib Nick Kuipers.

Baca Juga:
Kim Jin Sung, Pemain Liga 1 Korsel dari FC Seoul Dikabarkan Gabung PSMS Medan di Liga 2

Keunggulan jumlah pemain berhasil dimanfaatkan Persib dengan baik. Pelatih Bojan Hodak memasukan striker David Da Silva yang sukses bikin gol penyama kedudukan pada menit ke-85.

Hasil ini membuat Persija Jakarta masih tertahan di peringkat 11 klasemen dengan koleksi 14 poin dari 11 pertandingan. Sementara Persib naik ke urutan 8 klasemen dengan 15 poin.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga:
Efek Instan Fernando Valente, Langsung Bawa Arema FC Menang Dua Kali Beruntun di Liga 1 2023/2024

Persib selaku tim tamu mampu tampil lebih dominan di awal laga. Meski demikian Persija dengan gaya main dari kaki ke kaki bisa menetralisir hal itu.

Mereka bahkan mampu membuka keunggulan setelah Marko Simic mencetak gol usai menyundul bola hasil umpan sepak pojok Maciej Gajos.

Gajos melepaskan umpan melengung ke kotak penalti. Simic yang lepas dari kawalan Nick Kuipers dan Kakang Rudianto sukses menyambut bola lewat sundulan akurat dari jarak dekat.

Baca Juga:
Adu Tajam Lini Serang Persija Jakarta vs Persib Bandung: Macan Kemayoran Menyedihkan!

Saking cepatnya proses itu terjadi, kiper Persib Fitrul Dwi Rustapa tidak mampu mengantisipasi bola yang meluncur deras merobek jala gawangnya.

Persib coba merespons ketertinggalan dengan menciptakan banyak peluang. Salah satu yang paling berbahaya terjadi pada menit ke-35.

Kiper Fitrul melepaskan umpan jauh ke Ciro Alves. Striker asal Brasil itu kemudian menusuk lewat sisi kiri untuk kemudian melepas umpan silang melambung.

Baca Juga:
Dibuang Manchester United, Mason Greenwood Resmi Gabung Getafe

Kiper Persija Andritany Ardhiyasa berhasil menyentuh bola, tetap si kulit bundar lepas dan dikuasai Frets Butuan.

Frets melepaskan tembakkan mendatar dari dalam kotak penalti ketika Andritany terlihat belum siap di posisinya. Beruntung bek Persija Rizky Ridho dengan sigap memblok tembakkan itu menggunakan kakinya.

Persija beberapa kali memberi ancaman ke gawang Persib pasca momen itu. Namun, skor 1-0 pada akhirnya bertahan hingga babak pertama berakhir.

Aksi Ciro Alves saat Persib Bandung tahan imbang Persija Jakarta 1-1. (Dok. Persib)

Di awal babak kedua, tempo pertandingan sedikit menurun, meski Persib Bandung mampu mengancam gawang Persija Jakarta beberapa kali.

Pada menit ke-64, Persib hampir mencetak gol. Umpan akurat Beckham Putra diterima Ciro Alves di sisi kanan kotak penalti.

Dari sisi kiri, terlihat satu pemain Persib berada dalam posisi sempurna untuk menyambut umpan. Sayangnya, operan Ciro Alves sungguh buruk dan justru mengarah ke kiper Persija Andritany.

Tiga menit pasca peluang itu, Persib kembali mengancam gawang Persija. Umpan sepak pojok Levy Madinda disundul oleh Daisuke Sato yang berdiri bebas tanpa pengawalan, tetapi bola cuma meluncur ke sisi kanan gawang.

Pada menit ke-74, Hanif Sjahbandi dari Persija mendapatkan kartu merah. Dia diusir wasit karena terlibat pertengkaran dengan bek Persib Nick Kuipers di kotak penalti ketika Persib mendapat jatah tendangan bebas.

Dalam tayangan ulang, Hanif terlihat jatuh setelah menjaga ketat Kuipers. Namun setelah insiden itu, dia terlihat mendorong bek asal Belanda itu sehingga wasit memberinya kartu merah.

Bermain dengan 10 orang membuat Persija dipaksa bermain lebih bertahan. Persib Bandung asuhan Bojan Hodak pun terlihat coba memanfaatkannya dengan lebih gencar melakukan serangan.

Bojan Hodak bahkan memutuskan untuk memasukan tambahan pemain menyerang yakni David da Silva pada menit ke-79. Dia masuk menggantikan bek tengah Victor Igbonefo.

Keputusan memasukan David da Silva terbukti tepat. Striker asal Brasil itu mencetak gol usai memanfaatkan umpan silang dari Marc Klok dari sisi kiri kotak penalti pada menit ke-85.

Persija coba keluar menyerang pasca kebobolan. Maciej Gajos dan kawan-kawan coba meneror pertahanan Persib, tetapi gol yang ditunggu-tunggu tidak tercipta.

Skor imbang 1-1 pun pada akhirnya bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Daftar Susunan Pemain Persija vs Persib di Pekan ke-11 BRi Liga 1 2023-2024

Persija (3-5-2): Andritany Ardhiyasa (PG); Muhammad Ferarri, Ondrej Kudela, Rizky Ridho; Raihan Hannan, Syahrian Abimanyu, Maciej Gajos, Ryo Matsumura, Firza Andika; Riko Simanjuntak, Marko Simic.

Persib (4-5-1): Fitrul Dwi (PG); Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Edo Febriansyah; Clement Madinda, Rachmat Irianto; Marc Klok, Daisuke Sato, Frets Butuan; Ciro Alves.

Load More