Rauhanda Riyantama
Mantan pemain Persib Bandung, Artur Gevorkyan. (Instagram)

Bolatimes.com - Menjelang duel antara Timnas Indonesia vs Turkmenistan di agenda FIFA Matchday September 2024, layak diulas deretan pesepak bola asal Turkmenistan yang pernah berkarier di Indonesia.

Para pemain asal Turkmenistan ini memang pernah mewarnai jagad persepakbolaan di Indonesia. Mereka bahkan tercatat pernah berkarier bersama klub-klub elite saat berkarier di Liga Indonesia.

Menariknya, para pemain Turkmenistan yang pernah manggung di Indonesia ini punya status yang mentereng. Sebab, ketika itu, mereka berstatus sebagai pemain andalan Timnas Turkmenistan.

Baca Juga:
Media Malaysia Ikut Bangga Dua Pemain 'Abroad' Ini Dapat Panggilan Timnas Indonesia

Setidaknya, ada tiga nama pemain berlabel Timnas Turkmenistan yang pernah singgah di Indonesia. Tak semuanya memiliki usia karier yang panjang. Namun, ada pula yang sempat berganti-ganti klub saat berkarier di Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pesepak bola asal Turkmenistan yang pernah mentas di kompetisi sepak bola Indonesia.

1. Ahmet Atayew

Baca Juga:
Pelatih Muda Tokyo Verdy Terkesima dengan Training Center Salah Satu Klub Indonesia

Sosok pesepak bola pertama dalam daftar ini yang pernah merintis karier di Indonesia ialah Ahmet Atayew. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini pernah memperkuat Arema FC dan Persela Lamongan.

Sebetulnya, statusnya cukup mentereng saat itu. Sebab, pemain kelahiran 19 September 1990 ini berstatus sebagai pemain Timnas Turkmenistan. Sejak tahun 2015, dia menyandang status sebagai kapten. Terakhir dia sempat bermain bersama klub lokal, FC Altyn Asyr.

2. Artur Gevorkyan

Baca Juga:
Alasan Shin Tae-yong Panggil Pemain Minim Menit Bermain ke Timnas Indonesia

Selanjutnya, pemain asal Turkmenistan yang pernah menjajal atmosfer sepak bola Indonesia ialah Artur Gevorkyan. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap kanan ini memperkuat Persib Bandung pada Liga 1 2019.

Sayangnya, kiprahnya tak berlangsung lama. Sejak gabung pada April 2019, penyerang Timnas Turkmenistan ini memutuskan mengakhiri kontraknya pada Agustus 2019. Dia terakhir kali berkarier bersama FK Ahal sebelum akhirnya pensiun pada Januari 2022.

3. Mekan Nasirov

Baca Juga:
Ipswich Town Bangga Elkan Baggott Dipanggil Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Berbeda dengan dua nama sebelumnya, Mekan Nasirov menjadi pesepak bola asal Turkmenistan yang punya karier panjang di Indonesia. Sebab, dia sempat berkarier bersama Persik Kediri (2009-2010), Persibo Bojonegoro (2010-2012), Barito Putera (2013), hingga Semen Padang (2016).

Gelandang andalan Timnas Turkmenistan ini pada akhirnya meninggalkan Indonesia pada akhir 2016. Setelah sempat berstatus tanpa klub alias menganggur, Nasirov memutuskan gantung sepatu pada Juli 2017.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More