Rauhanda Riyantama
Timnas Turkmenistan U-23. (turkmenistan.gov.tm)

Bolatimes.com - Profil pelatih Turkmenistan U-23Ahmet Agamyradow akan dibahas lebih lanjut dalam artikel Bolatimes kali ini. Pasalnya, Turkmenistan bakal menjadi lawan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Kualifikasi Piala Asia U-23 sendiri dijadwalkan mulai digelar dari tanggal 6-13 September 2023 mendatang. Timnas Indonesia U-23 sendiri tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Di ajang kali ini, Timnas Indonesia U-23 diprediksi bakal turun dengan kekuatan penuh lantaran jadwal pertandingan bersamaan dengan kalender FIFA.

Baca Juga:
Cedera saat Bela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF, Irfan Jauhari Terancam Menepi 9 Bulan

Dengan kondisi ini, para pemain penting dan vital terlebih yang berkarier di luar negeri bisa dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk masuk skuad Timnas Indonesia U-23.

Di lain sisi, pelatih Turkmenistan U-23, Ahmet Agamyradow, juga dipastikan bakal mengerahkan pasukan terbaiknya untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar tahun depan.

Lantas, bagaimana latar belakang dan sepak terjang dari Ahmet Agamyradow ini?

Baca Juga:
Panas, Dua Pemain Keturunan Indonesia Berpotensi Duel di Carabao Cup 2023

Profil Ahmet Agamyradow

Ahmet Agamyradow merupakan sosok kelahiran Ashgabat, Turkmenistan, pada 14 Juni 1979. Sebelum menjadi pelatih, ia adalah pesepakbola Turkmenistan.

Dalam catatan kariernya, Ahmet Agamyradow sempat membela beberapa klub asal Turkmenistan. Di antaranya ada Nisa FK dari 1994-1996.

Baca Juga:
Profil Mergen Orazov, Pelatih Turkmenistan yang Usianya Selisih Dua Tahun Saja dari Stefano Lilipaly

Setelah itu, Ahmet pindah ke Kopetdag FK, lalu sempat pindah ke Dagdan FK sebelum kembali ke Kopetdag FK dan pensiun di sana.

Setelah gantung sepatu, Ahmet Agamyradow tidak langsung terjun ke dunia kepelatihan. Ia tercatat baru mulai menjadi pelatih di tahun 2015.

Saat itu ia ditunjuk menukangi Turkmenistan U-19. Namun ia hanya bertugas selama dua bulan dan menjalani satu laga dengan raihan kemenangan atas Suriah U-19.

Baca Juga:
3 Pemain yang Dihukum AFC Bisa Bela Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Baru di tahun 2017 Ahemt Agamyradow ditunjuk lagi menjadi pelatih Turkmenistan U-23. Ia cuma ditugaskan dalam tiga pertandingan saat itu.

Baru hampir empat tahun kemudian, Ahmet Agamyradow ditunjuk kembali menukangi Turkmenistan U-23 untuk menggantikan Bayram Durdyyew.

Pada periode keduanya, Ahmet Agamyradow berhasil membuat kejutan dengan meloloskan Turkmenistan U-23 ke putaran final Piala Asia U-23 untuk pertama kali dalam sejarah.

Ia berhasil membawa Turkmenistan U-23 melaju hingga perempat final Piala Asia U-23 2022. Sayangnya langkah Turkmenistan saat itu dihentikan oleh Australia dengan skor tipis 0-1.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More