Rauhanda Riyantama
Ikhsan Fandi merayakan gol bersama Teerasil Dangda saat berseragam BG Pathum United. (Instagram/bgpu_official)

Bolatimes.com - Terdapat empat kompetisi atau liga di negara Asia Tenggara (ASEAN) yang memiliki wakil di fase grup Liga Champions Asia 2023/2024, di mana Indonesia tak termasuk di dalamnya.

Liga Indonesia atau Liga 1 lagi-lagi harus menerima kenyataan pahit seiring tak adanya wakil yang akan berlaga di Liga Champions Asia 2023/2024.

Kenyataan pahit ini diterima Liga Indonesia usai Bali United menelan kekalahan memalukan dari wakil Hong Kong, Lee Man FC, dengan skor 1-5 di Kualifikasi Liga Champions Asia 2023/2024.

Baca Juga:
Daftar Klub Tertua di Indonesia, Ada yang Berdiri Tahun 1915

Kekalahan itu membuat Bali United pun harus rela Indonesia lagi-lagi tak memiliki wakil di kompetisi antarklub terpopuler di Asia tersebut.

Bisa dikatakan Liga Indonesia sendiri sudah lama tak memiliki wakil di fase grup Liga Champions Asia, yakni lebih dari satu dekade silam.

Adapun klub terakhir Indonesia yang mampu tampil di babak grup Liga Champions Asia adalah Arema Indonesia pada tahun 2011 silam.

Baca Juga:
Terbukti Berkualitas, 4 Pemain Asing Liga 1 Dipanggil Timnas Negara ASEAN di FIFA Matchday September

Fakta ini pun menjadi noda hitam di sepak bola Indonesia. Pasalnya, liga-liga dari negara Asia Tenggara lainnya mampu mengirimkan satu wakil ke fase grup Liga Champions Asia 2023/2024 ini.

Lantas liga di negara ASEAN mana saja yang berhasil mengirimkan wakilnya ke fase grup Liga Champions Asia 2023/2024? Berikut daftarnya.

1. Liga Thailand

Baca Juga:
Fakta Menarik Aji Kusuma, Debutan di Timnas Indonesia yang Pernah Bobol Gawang Timnas Jepang

Liga Thailand menjadi salah satu liga terbaik di ASEAN. Hal ini terbukti dari adanya dua wakil yang dikirim langsung ke fase grup Liga Champions Asia 2023/2024 yakni Buriram United dan Bangkok United.

Sejatinya Liga Thailand bisa mengirimkan empat wakil, andai dua tim lainnya yakni BG Pathum dan Port FC bisa lolos babak kualifikasi.

Liga Thailand sendiri mendapat jatah empat tim guna bertarung di Liga Champions Asia karena kompetisinya berada di peringkat empat Zona Timur dan berada di peringkat ke-9 di Asia.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Saatnya Sandy Walsh Debut

2. Liga Vietnam

Liga Vietnam juga memiliki wakil di fase grup Liga Champions Asia 2023/2024, yakni hanya satu wakil saja pada diri Hanoi FC selaku juara liga musim lalu.

Liga Vietnam sendiri sejatinya juga bisa mengirimkan dua wakil, di mana salah satu wakilnya, Hai Phong, harus bertarung di babak kualifikasi terlebih dahulu, sebelum akhirnya disingkirkan oleh Incheon United dari Korea Selatan.

Vietnam bisa mengirimkan dua wakilnya ke Liga Champions Asia 2023/2024 karena liganya berada di peringkat ke-6 Zona Timur dan berada di peringkat ke-14 di Asia.

3. Liga Filipina

Berbeda dengan Thailand dan Vietnam, Liga Filipina sendiri hanya bisa mengirimkan satu wakil ke Liga Champions Asia 2023/2024, yakni Kaya-Iloilo.

Hanya saja, Kaya-Iloilo langsung masuk fase grup Liga Champions Asia 2023/2024 karena ranking liganya yang ada di peringkat ke-8 Zona Timur dan berada di peringkat ke-19 di Asia.

Lolosnya tim Filipina ke Liga Champions Asia dan rankingnya yang ada di 20 besar Asia menjadi tamparan keras bagi Liga Indonesia, mengingat Timnas Indonesia unggul atas Timnas Filipina.

4. Liga Malaysia

Sama seperti Filipina, Liga Malaysia juga hanya mengirimkan satu wakil saja secara langsung ke fase grup Liga Champions Asia 2023/2024.

Wakil Malaysia di ajang tersebut adalah Johor Darul Ta'zim (JDT) yang merupakan juara Liga Super Malaysia musim 2022 lalu.

JDT sendiri bukanlah tim sembarangan. Meski berasal dari liga yang rankingnya ada di peringkat ke-20 Asia, tim ini mampu menembus babak 16 besar Liga Champions Asia 2022/2023 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More