Rauhanda Riyantama
Striker Persija Jakarta, Aji Kusuma. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Secara mengejutkan Shin Tae-yong memasukkan nama Aji Kusuma ke dalam daftar 24 pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi Turkmenistan.

Pertandingan FIFA Matchday ini bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 8 September 2023 mendatang.

Dari ke-24 nama tersebut, sebanyak lima pemain abroad masuk dalam skuad. Mereka diantaranya Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK), dan Saddil Ramdani (Sabah FC). 

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Saatnya Sandy Walsh Debut

Menariknya, ada beberapa pemain debutan yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat skuad Garuda melawan Turkmenistan nanti.

Tiga pemain itu adalah Wahyu Prasetyo dari PSIS Semarang, Ryan Kurnia dari Persib Bandung, dan Aji Kusuma dari Persija Jakarta.

Berbeda dengan dua nama debutan lainnya, Aji Kusuma sebelumnya pernah memperkuat timnas Indonesia di level kelompok umur.

Baca Juga:
Tampil Apik di Piala AFF U-23, 3 Pemain Ini Malah Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

Aji merupakan salah satu penyerang Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 2018 silam yang saat itu dilatih oleh Indra Sjafri.

Saat itu, Aji Kusuma mesti bersaing dengan penyerang-penyerang muda yang sedang naik daun seperti Hanis Saghara Putra dan Muhammad Rafli Mursalim.

Fakta Menarik Aji Kusuma

Baca Juga:
3 Alasan Marselino Ferdinan Tak Perlu Gabung Real Sociedad

Fakta menariknya, pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut pernah menjadi perbincangan usai berhasil membobol gawang Jepang U-19 sebanyak dua kali.

Momen itu terjadi pada 2018. Pertama, Aji membobol gawang Jepang U-19 saat memperkuat Timnas Indonesia U-19 di sebuah laga uji coba.

Pada laga yang berlangsung 25 Maret 2018 tersebut, Skuad Garuda Nusantara harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 1-4.

Baca Juga:
Tampil Impresif Bersama Bali United, Elias Dolah Dapat Panggilan Timnas Thailand di FIFA Matchday

Gol kedua Aji Kusuma ke gawang Jepang dicetak dua hari setelah membela Timnas Indonesia U-19. Aji bersama klubnya, Persika Karawang, mencetak dua gol ketika Persika kalah 2-3 dari Jepang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More