Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Indonesia U-23 usai gagal juara Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 membukukan sejumlah catatan positif meskipun gagal menjuarai Piala AFF U-23 2023. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi skuad Garuda Muda untuk menatap tantangan berikutnya.

Duel Timnas Indonesia U-23 kontra Vietnam yang berlangsung di Rayong Province Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023) ini berjalan sengit. Kedua tim sama-sama menciptakan banyak peluang emas.

Kedua tim bergantian menciptakan peluang, tetapi solidnya pertahanan kedua tim sekaligus kurang tajamnya mereka dalam mengonversi peluang, membuat skor 0-0 tak berubah hingga 120 menit.

Baca Juga:
Profil Nguyen Quoc Viet, Pemain Vietnam yang Penaltinya Ditepis Ernando Ari di Final Piala AFF U-23 2023

Hasil imbang ini membuat duel Indonesia vs Vietnam harus berlanjut hingga babak adu penalti. Sayangnya, skuad Garuda Muda gagal mengangkat trofi  setelah takluk dengan skor 5-6 pada adu penalti.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan catatan positif yang sukses dibukukan Timnas Indonesia U-23 meski gagal menjuarai Piala AFF U-23.

1. Perjuangan yang Luar Biasa

Baca Juga:
Piala AFF U-23 2023: Main Kasar Sikut Haykal Alhafiz, Pemain Vietnam Dihujat Netizen Indonesia

Timnas Indonesia U-23 tak harus tertunduk lesu karena gagal membawa pulang trofi Piala AFF U-23 2023. Sebab, perjuangan anak asuh Shin Tae-yong selama mengarungi turnamen ini patut diapresiasi.

Skuad Garuda Muda bisa bermain dengan daya juang dan mental yang tangguh saat menghadapi lawan-lawan elite seperti Thailand dan Vietnam. Mereka tak terlihat inferior ketika menghadapi kedua lawan sengit ini.

Mental semacam inilah yang sangat penting bagi para pemain muda. Mereka diharapkan bisa terus berkembang hingga jadi pemain andalan skuad Merah Putih di masa mendatang.

Baca Juga:
Ernando Ari Sampaikan Minta Maaf usai Gagal Penalti, Banjir Dukungan Netizen

2. Modal Apik untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2023

Gelar juara memang gagal diraih oleh Timnas Indonesia U-23. Namun, Piala AFF U-23 2023 sepatutnya dijadikan batu loncatan bagi skuad Garuda Muda untuk menghadapi kejuaraan yang lebih penting.

Dari Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong bakal mendapatkan gambaran besar untuk membangun skuad tangguh pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2023 yang berlangsung pada September mendatang.

Baca Juga:
Ungkap Kunci Kemenangan, Pelatih Vietnam Soroti Timnas Indonesia U-23 yang Krisis Pemain di Final Piala AFF U-23 2023

Tentu, skuad Garuda Muda harus lebih matang saat menghadapi ajang itu. Apalagi, pada Piala AFF U-23 2023 ini, Timnas Indonesia U-23 tak menggelar persiapan panjang seperti biasanya.

3. Munculnya Pemain Andalan Baru

Ajang Piala AFF U-23 2023 ini ternyata juga sangat penting bagi proses regenerasi Timnas Indonesia U-23. Sebab, muncul beberapa nama pemain baru yang bisa jadi andalan di masa depan.

Di lini belakang, misalnya, ada nama Kadek Arel. Bek asal Bali United ini tampil apik meski belum terlalu sempurna. Selain itu, ada nama Arkhan Fikri dan Rifky Dwi Septiawan yang main bagus di lini tengah.

Sebelumnya, pemain-pemain ini belum jadi andalan di Timnas Indonesia U-23, Apalagi, Rifky Dwi Septiawan belum pernah main di tim nasional, sedangkan Arkhan dan Arel sudah pernah tampil di Timnas U-20.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More