Rauhanda Riyantama
Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari menggagalkan tendangan penalti striker Vietnam U-23, Nguyen Quoc Viet dalam laga final Piala AFF U-23 2023 di di Rayong Province Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam WIB. [Dok. Twitter/@TimnasIndonesia]

Bolatimes.com - Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi jadi sorotan setelah gagal jadi eksekutor penalti saat melawan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023. Pelatih Shin Tae-yong pun membeberkan alasan mengapa kiper Persebaya Surabaya itu berani ambil penalti.

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 2023 berakhir dengan skor 0-0 hingga 120 menit. Golden Star Warriors pada akhirnya keluar sebagai juara usai menang adu penalti dengan skor 6-5.

Ernando Ari yang menjadi penendang kelima gagal mengeksekusi setelah tendangannya ditepis oleh Quan Van Chuan. Kemudian tembakan Thai Ba Dat mampu mengelabui Ernando yang membuat adu penalti itu berakhir dengan 6-5 untuk kemenangan Vietnam.

Baca Juga:
Gagal Juara Piala AFF U-23, Shin Tae-yong Masih Nirgelar Buat Timnas Indonesia

Usai laga, Shin Tae-yong mengatakan Ernando Ari tak pernah gagal mengeksekusi penalti saat latihan. Selain itu Kiper Ernando Ari termasuk sosok yang selalu percaya diri.

"Dan dia selalu mengambil penalti selama latihan, dan melakukannya dengan baik. Jadi itu alasan saya memilih dia," ucap Shin Tae-yong.

"Ernando adalah pemain yang penuh percaya diri, dan dalam pertandingan hari ini dia memiliki penampilan luar biasa," lanjutnya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Kalah di Final Lawan Vietnam, Ini Respons Shin Tae-yong

Kekalahan ini membuat puasa gelar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia berlanjut. Sejak ditunjuk menjadi juru taktik tim Merah Putih pada Desember 2019, sosok asal Korea Selatan itu belum memberikan prestasi yang berarti bagi Indonesia.

Hasil terbaik yang diberikan Shin Tae-yong hanyalah runner-up Piala AFF 2020. Saat itu, Timnas Indonesia takluk dari Thailand di babak final.

Ketika Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas SEA Games 2023, sosok yang duduk di kursi pelatih adalah Indra Sjafri.

Baca Juga:
Kalah Adu Penalti Lawan Vietnam, Timnas Indonesia U-23 Tak Jadi Juara Piala AFF U-23 2023

Load More