Irwan Febri Rialdi | Gagah Radhitya Widiaseno
Pelatih timnas U-19 Vietnam, Hoang Anh Tuan.

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Vietnam U-23, Hoang Anh Tuan, memberikan balasan sewot kepada Shin Tae-yong yang mengeluhkan kondisi skuad Timnas Indonesia U-23 jelang final Piala AFF U-23 2023.

Hoang Anh Tuan sewot karena Shin Tae-yong menyinggung masalah Timnas Indonesia yang dilanda cedera jelang partai puncak turnamen sepak bola kelompok umur Asia Tenggara tersebut.

Sebagai informasi, setidaknya tiga pemain Timnas Indonesia mengalami cedera jelang babak final Piala AFF U-23 2023. Mereka adalah Bagas Kaffa, Irfan Jauhari dan Beckham Putra.

Bagas mengalami cedera saat pemanasan jelang laga kontra Thailand di babak semifinal, Jumat (24/8/2023) lalu. Sementara Irfan Jauhari sudah tak masuk skuad usai mengalami masalah di laga perdana Grup A kontra Malaysia.

Di sisi lain, Beckham Putra mengalami masalah pada paha kanannya ketika Timnas Indonesia membungkam Thailand 3-1 di semifinal.

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. [dok. PSSI]

Dari tiga pemain yang cedera, kehilangan Beckham Putra akan jadi masalah besar kendati gelandang Persib Bandung itu diperkirakan punya peluang untuk tampil di final.

Andai Beckham absen, Shin Tae-yong harus putar otak lebih keras mengingat di skuad Timnas Indonesia saat ini tidak ada pemain dengan profil pengatur serangan sebaik dirinya.

"Kami akhirnya mencapai final, tapi kesulitannya saat ini adalah banyak pemain saya yang cedera," jelas Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga.

Namun, keluhan Shin Tae-yong terkait situasi skuad Timnas Indonesia nyatanya justru direspons sewot oleh pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan dalam sesi jumpa pers, Jumat (25/8/2023).

Dia menegaskan bahwa sebuah tim sudah cukup memiliki 16 sampai 17 pemain untuk berlaga di babak final nanti. Dia menyebut Timnas Indonesia seharusnya tidak masalah meski tiga pemain mengalami cedera.

“Setiap tim punya 11 pemain di lapangan dan setidaknya 5 pemain cadangan. Oleh sebab itu, kehilangan banyak pemain seharusnya tak jadi masalah bagi Indonesia,”  jelas Hoang Anh Tuan dilansir dari laman resmi VFF, Sabtu (26/8/2023).

"Itu tak akan jadi masalah sepanjang para pemain mereka memang bagus. Untuk timnas U-23 Vietnam, saya tak melihat ada masalah jika seandainya hanya tersedia 16 atau 17 pemain," tegasnya.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam di final Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Rayong Province Stadium, Thailand, pada Sabtu (26/8/2023) pukul 20.00 WIB.

Load More