Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, berpeluang besar menciptakan tiga rekor istimewa apabila berhasil mengantarkan anak asuhnya meraih gelar juara Piala AFF U-23 2023.

Menurut jadwal, pertandingan final Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia U-23 melawan Vietnam U-23 bakal berlangsung di Rayong Province Stadium, Rayong, pada Sabtu (26/8/2023) malam hari WIB.

Setidaknya, ada beberapa rekor spesial yang berpotensi dipecahkan Shin Tae-yong apabila mampu membawa skuad Garuda Muda menumbangkan perlawanan Vietnam U-23 pada partai final Piala AFF U-23 2023.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga rekor yang berpeluang diciptakan Shin Tae-yong apabila berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-23 menjuarai Piala AFF U-23 2023.

1. Gelar Pertama Shin Tae-yong

Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju ke partai final Piala AFF U-23 2023 juga membuka peluang besar bagi Shin Tae-yong untuk mempersembahkan gelar juara pertamanya selama bertugas jadi nakhoda.

Sebab, sejak pertama kali ditunjuk PSSI pada akhir 2019, pelatih asal Korea Selatan itu belum berhasil sekalipun mempersembahkan gelar juara untuk Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia.

Jika berhasil mengalahkan Vietnam U-23, Shin Tae-yong bakal mengakhiri puasa gelarnya sekaligus memberikan prestasi pertamanya untuk Timnas Indonesia U-23.

2. Peraih Juara Terbanyak

Selain itu, Shin Tae-yong juga berpeluang besar untuk mengantarkan Timnas Indonesia U-23 sebagai kontestan tersukses di kejuaraan ini andai berhasil meraih gelar juara di Piala AFF U-23 2023.

Sebab, sejauh ini tidak ada tim yang sukses meraih lebih dari satu trofi di Piala AFF U-23. Thailand, misalnya, hanya sekali juara, yakni pada 2005. Sementara itu, Indonesia juga punya koleksi satu trofi pada edisi 2019.

Adapun gelaran Piala AFF U-23 terakhir yang berlangsung pada edisi 2022 menjadi milik Vietnam. Sehingga, hanya ada tiga tim yang pernah merasakan satu kali juara. Indonesia dan Vietnam berpotensi jadi kontestan yang bisa meraih dua trofi.

3. Pelatih Asing Pertama

Shin Tae-yong juga berpotensi besar untuk mencatatkan namanya sebagai pelatih asing pertama yang sukses menjuarai Piala AFF U-23. Sebab, selama ini hanya nama-nama pelatih lokal yang sukses meraih trofi.

Pada Piala AFF U-23 edisi 2005, misalnya, juru taktik yang sukses membawa Thailand juara ialah Charnwit Polcheewin. Adapun pada edisi 2019, muncul sosok Indra Sjafri yang mengantarkan Indonesia meraih trofi.

Sementara itu, pelatih Vietnam yang sukses mempersembahkan trofi pada Piala AFF U-23 2022 ialah Dinh The Nam. Rekor inilah yang harus bisa dipecahkan oleh STY sebagai pelatih asing pertama yang meraih trofi di Piala AFF U-23 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More