Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-23 Jeam Kelly Sroyer selebrasi usai bobol Thailand di Piala AFF U-23 2023.(Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 diyakini mampu menumbangkan perlawanan Vietnam U-23 pada partai final Piala AFF U-23 2023. Setidaknya, ada sejumlah alasan patut diperhitungkan.

Menurut jadwal, pertandingan final Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia U-23 melawan Vietnam U-23 bakal berlangsung di Rayong Province Stadium, Rayong, pada Sabtu (26/8/2023) malam hari WIB.

Sebelumnya, skuad Garuda Muda berhasil memastikan diri lolos ke partai puncak kejuaraan ini setelah menumbangkan perlawanan Thailand dengan skor 3-1 di fase semifinal Piala AFF U-23 2023. 

Tiga gol skuad Garuda Muda dicetak oleh Jeam Kelly Sroyer (10’), Muhammad Ferarri (23’), dan bunuh diri Natcha Promsomboon (45+1’). Sedangkan satu gol dari lawan dicetak Chukid Wanpraphao (27’).

Sementara itu, Vietnam berhasil menumbangkan Malaysia di babak yang sama. Mereka menang dengan skor telak 4-1 lewat dua gol Dinh Xuan Tien (4’ dan 44’), Nguyen Quoc Viet (32’), dan Nguyen Hong Phuc (85’).

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Indonesia U-23 bisa menumbangkan perlawanan Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 2023.

1. Produktivitas Gol Mulai Membaik

Salah satu catatan positif yang dibukukan Timnas Indonesia U-23 sebelum partai final ini ialah meningkatnya produktivitas gol. Saat melawan Thailand, skuad Garuda Muda sukses mencetak tiga gol ke gawang lawan.

Hal ini cukup berbanding terbalik dengan kondisi mereka di fase grup. Sebab, dalam dua pertandingan di Grup B, anak asuh Shin Tae-yong hanya bisa menjaringkan dua gol ke gawang lawan.

Gol pertama dicetak saat kalah 1-2 dari Malaysia, sedangkan satu gol lainnya bersarang di gawang Timor Leste saat menang 1-0.

2. Pengalaman SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-23 masih membuktikan bahwa mereka bisa melanjutkan performa impresifnya di SEA Games 2023. Hal itulah yang terbukti ketika menumbangkan Thailand dengan skor 3-1.

Saat berjumpa Vietnam, Indonesia juga pernah menang pada SEA Games 2023. Kemenangan ini menjadi modal positif bagi skuad Garuda Muda untuk kembali menaklukkan tim lawan.

3. Trofi Pertama Shin Tae-yong

Satu modal besar lainnya yang bisa mendongkrak semangat Timnas Indonesia U-23 saat bersua Vietnam di final Piala AFF U-23 2023 ialah trofi pertama untuk Shin Tae-yong yang sudah ada di depan mata.

Jika mampu menang, Shin Tae-yong bakal meraih gelar pertamanya sejak melatih Indonesia pada medio akhir 2019. Prestasi inilah yang bakal melecut motivasi Shin Tae-yong agar anak asuhnya bisa menumbangkan Vietnam di final.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More