Husna Rahmayunita | Syaiful Rachman
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang pertandingan menghadapi Malaysia di ajang Piala AFF U-23, Kamis (17/08/2023). (ANTARA/HO-PSSI)

Bolatimes.com - Juru taktik Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong membongkar kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023.

Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong tampil mengejutkan saat berhadapan dengan Thailand. Garuda Muda menang 3-1 atas tuan rumah.

Pada pertandingan tersebut, Timnas U-23 menang berkat gol-gol, Jeam Kelly Sroyer, Muhammad Ferrari serta gol bunuh diri Natcha Promsomboon. Sedangkan gol tuan rumah berasal dari Chukid Wanpraphao.

Baca Juga:
Profil Jeam Kelly Sroyer, Jebol Gawang Timnas Thailand U-23 dari Luar Kotak Penalti

Kemenangan itu berharga di Timnas Indonesia U-23. Selain meloloskan ke final Piala AFF U-23, kemenangan ini memutus rekor Indonesia yang tak pernah kalah di kandang selama 38 tahun.

Shin Tae-yong pun buka kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-23 yang tampil perkasa lawan Thailand setelag memble di fase grup.

"Sebenarnya kami hanya memiliki persiapan yang singkat sebelum datang ke Thailand, dan kami juga memiliki periode pemusatan latihan yang pendek," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca laga, Kamis (24/9/2023) malam WIB.

Baca Juga:
Pernah Satu Tim di Eropa, Egy Maulana Tak Sabar Hadapi Maciej Gajos

Menurut Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-23 mampu mengalahkan Thailand di kandangnya sendiri karena punya mental yang lebih siap dari lawannya tersebut.

"Maka hal yang paling penting dalam sepak bola adalah kondisi tim dan mental tim. Maka kami melakukan kerja sama tim dengan baik, mungkin itulah alasan mengapa kami bisa tampil bagus di fase ini," jelas Shin Tae-yong.

Di babak final, Timnas Indonesia U-23 sudah ditunggu Vietnam yang berhasil melangkah ke partai puncak dengan mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1.

Baca Juga:
Profil Fernando Valente, Pelatih Anyar Arema FC Ayah dari Pemain Asing Persebaya Surabaya

Pertandingan final antara Timnas Indonesia U-23 menghadapi Vietnam selaku juara bertahan akan berlangsung di Rayong Province Stadium, Rayong, Thailand pada Sabtu (26/8/2023).

Load More