Rauhanda Riyantama
Thumbnail video yang menarasikan seolah Persib barter David da Silva dengan striker Arema FC Gustavo Almeida. (YouTube)

Bolatimes.com - Persib Bandung dikabarkan telah mencapai kesepakatan memboyong top skor Gustavo Almeida pada putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024. 

Disebutkan pula bahwa Persib melepas David da Silva untuk bergabung ke Arema FC demi mendapatkan Gustavo.

Informasi tersebut dibagikan oleh kanal YouTube HF SPORT melalui sebuah unggahan video berdurasi tiga menit 28 detik pada Rabu (23/8/2023). 

Baca Juga:
Thom Haye Terang-terangan Tertarik Bela Timnas Indonesia, Ini Alasannya

"DEAL PUTARAN 2! Topskor Liga 1 Gustavo Ke Persib Bandung, David Dasilva Gabung Arema Fc!," judul unggahan video. 

Thumbnail video memperlihatkan foto David da Silva mengenakan jersey putih Arema FC, sementara Gustavo memakai jersey biru Persib. 

Tampak pelatih Persib Bojan Hodak seolah sedang memberikan keterangan. "GUSTAVO TOPSKOR LIGA 1 KE PERSIB BANDUNG, PERSIB BANDUNG ADALAH IMPIAN SAYA DAN..." narasi yang ditulis dalam gambar sampul video. 

Baca Juga:
Susul Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri Siap Lepas Masa Lajang Tahun Ini

Lantas, benarkah klaim video tersebut? 

Cek fakta

Setelah ditonton hingga akhir, tidak ada bukti valid ataupun informasi kredibel yang disajikan dalam video itu terkait bergabungnya Gustavo ke Persib. 

Baca Juga:
Thailand Tebar Ancaman Jelang Bentrok, Shin Tae-yong: Di Semifinal Segalanya Bisa Terjadi

Alih-alih memberikan bukti akurat terkait klaim yang disebutkan di judul dan thumbnail video, narator malah menjelaskan terkait kemungkinan Persib merekrut Gustavo dan menukarnya dengan David da Silva. 

Narator pun menjelaskan terkait kabar cedera yang sedang dialami striker Persib, David da Silva. 

Sisanya, narator menyampaikan rekam jejak Gustavo bersama Arema FC yang kini sudah mengemas sembilan gol dan menduduki puncak top skor Liga 1 musim ini. 

Baca Juga:
Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023: Menang Mudah atas Wakil Italia, The Daddies ke 16 Besar

Thumbnail video merupakan hasil editan belaka. Selain itu tidak ada kesesuaian antara klaim yang disebutkan dalam judul dan thumbnail dengan isi video. 

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut Gustavo Almeida gabung Persib dan dibarter dengan David da Silva merupakan kabar keliru alias hoaks. 

Load More