Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Duel antara Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Thailand U-23 pada fase semifinal Piala AFF U-23 2023 dipastikan bakal berlangsung di Stadion Rayong, Kamis (24/8/2023).

Stadion Rayong memang sudah sejak awal disediakan oleh Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk menggelar Piala AFF U-23 2023. Duel antara Timnas Indonesia U-23 dan Thailand U-23 di babak semifinal juga akan berlangsung di sini.

Selain Stadion Rayong, satu tempat lainnya yang menjadi lokasi penyelenggaraan Piala AFF U-23 2023 ialah PTT Stadium. Kedua stadion ini memang sama-sama terletak di Provinsi Rayong, Thailand.

Namun, tampaknya Stadion Rayong mendapatkan porsi yang lebih besar untuk Piala AFF U-23 2023 ini. Sebab, nantinya seluruh pertandingan yang tersaji di fase gugur akan berlangsung di lokasi ini.

Selain duel antara Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand U-23, Stadion Rayong juga akan digunakan sebagai lokasi pertandingan semifinal lainnya antara Malaysia U-23 melawan Vietnam U-23.

Duel ini berlangsung pada hari yang sama, yakni Kamis (24/8/2023). Namun, laga antara Malaysia versus Vietnam akan digelar terlebih dahulu, yakni pukul 16.00 WIB, sedangkan Indonesia vs Thailand berlangsung pada pukul 20.00 WIB.

Profil Stadion Rayong

Stadion Rayong, atau yang juga dikenal sebagai Rayong Province Stadium dan Rayong Province Central Stadium, merupakan sebuah stadion yang terletak di Provinsi Rayong. Stadion ini dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Rayong.

Sebagai informasi, Rayong merupakan salah satu dari tiga provinsi di Thailand, bersama dengan Chonburi dan Chachoengsao, yang berada di pusat Koridor Ekonomi Timur alias Eastern Economic Corridor.

Artinya, ketiga provinsi tersebut menjadi pusat Thailand untuk bidang manufaktur, penelitian, jasa, yang digabungkan secara erat dengan negara-negara tetangga di Asean.

Tak banyak informasi yang bisa dirangkum untuk menelusuri jejak sejarah dari Stadion Rayong. Dari data yang beredar, stadion ini tak memiliki daya tampung yang besar karena hanya berkapasitas 7500 penonton.

Saat ini, setidaknya ada dua klub yang menggunakan Stadion Rayong sebagai markasnya. Yang pertama adalah klub lokal bernama Rayong FC. Klub yang baru dibentuk pada 2009 ini berkompetisi di Thai League 2 alias kompetisi kasta kedua. 

Berikutnya ada klub bernama Pluakdaeng United FC atau dulunya lebih dikenal sebagai Prachinburi FC. Klub pindahan dari Provinsi Prachinburi ini berkompetisi di kasta ketiga Regional Timur atau Thai League 3 Eastern Region.

Berbeda dengan Stadion Rayong, Stadion PTT yang juga terletak di Rayong merupakan milik perusahaan. Pengelolanya ialah PTT Public Company Limited, yakni badan usaha milik pemerintah Thailand yang bergerak di bidang minyak dan gas.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More