Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pertandingan fase grup Piala AFF U-23 2023 menyisakan sederet fakta menarik. Salah satunya, Timnas Indonesia U-23 yang melaju ke semifinal berkat bantuan Malaysia dan Vietnam.

Fase grup Piala AFF U-23 2023 telah rampung, seiring terselenggaranya laga pamungkas Grup B dan C, Selasa (22/3/2023).

Sederet kejutan terjadi selama fase grup yang berlangsung kompetitif. Kekinian, sudah ada empat tim yang dipastikan lolos ke semifinal yakni Thailand, Malaysia, Vietnam dan Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga:
Link Live Streaming PSM Makassar vs Yangon United di Playoff Piala AFC 2023/2024 Malam Ini

Berikut 3 fakra rampungnya fase grup Piala AFF U-23 2023.

1. Juara Grup Meraih Poin Penuh

Di fase grup, semua tim yang jadi pemuncak klasemen berhasil meraih poin penuh.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala AFF U-23 2023, Asisten Shin Tae-yong Beri Pesan Menyentuh

Pertama ada Thailand yang berada di Grup A bersama dengan Kamboja, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Menghadapi tiga tim tersebut, Thailand memenangi semua laga dan meraih sembilan poin.

Bergeser ke Grup B, Malaysia sukses meraih poin penuh setelah mengalahkan Indonesia dan Timor Leste. Kemudian di Grup C adalah Vietnam yang menjadi pemuncak klasemen dengan cara menghabisi Filipina dan Laos.

2. Kamboja Satu-satunya Tim yang Mencetak Lima Gol di Fase Grup

Baca Juga:
Daftar Top Skor Piala AFF U-23 2023: Ramadhan Sananta Dipepet Dua Bintang Malaysia

Kamboja menjadi satu-satunya tim yang berhasil mencetak lima gol dalam satu laga di fase grup. Di fase ini, Kamboja sukses menghajar Brunei Darussalam dengan skor 5-0.

Namun sayangnya, performa apik dari Kamboja tidak berlanjut di laga selanjutnya. Mereka takluk dari Thailand dengan skor 2-0 dan bermain imbang melawan Myanmar. Dengan performa yang seperti ini Kamboja gagal melaju ke babak gugur Piala AFF U-23 2023.

3. Timnas Indonesia U-23 Lolos lewat Jalur Runner-Up Terbaik

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Voli Putra Indonesia vs Korea Selatan di Kejuaraan Voli Asia 2023

Timnas Indonesia U-23 sejatinya tidak memiliki performa apik di fase grup Piala AFF U-23 2023. Mereka takluk dari Malaysia dengan skor 2-1 dan hanya menang tipis atas Timor Leste dengan skor 1-0.

Walhasil, penentuan lolos atau tidaknya didasari dari perhitungan tim lain yakni laga Thailand kontra Kamboja (Grup A) dan laga Vietnam kontra Filipina (Grup C).

Beruntung di laga tersebut Thailand berhasil melibas Kamboja dengan skor 2-0 sedangkan Vietnam sukses meratakan skuad Filipina dengan skor 1-0.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia U-23 berhak lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23 2023 lewat jalur runner-up terbaik.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Load More