Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Pelatih Shin Tae-yong memberikan instruksi ke pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 sukses melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023 sebagai runner up terbaik. Faktanya, poin skuat Garuda Muda ternyata kalah dari Kamboja yang tidak lolos.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 setelah memuncaki klasemen runner-up terbaik dari tiga grup, yakni A, B dan C.

Timnas Indonesia U-23 diketahui finis sebagai runner-up Grup B dengan koleksi tiga poin dan selisih gol +0 setelah kalah 1-2 dari Malaysia dan menang 1-0 atas Timor Leste.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala AFF U-23 2023, Asisten Shin Tae-yong Beri Pesan Menyentuh

Hasil itu nyatanya sudah cukup membawa tim asuhan Shin Tae-yong ke semifinal menyusul poin yang mereka raih lebih superior dibanding Kamboja (runner-up Grup A) dan Filipina (runner-up Grup C).

Namun, aturan Piala AFF U-23 2023 dalam menentukan runner-up terbaik nyatanya membuat bingung. Di atas kertas, Kamboja yang merupakan runner-up Grup A, mengakhiri babak penyisihan dengan koleksi 4 poin hasil dari menang atas Brunei, imbang dengan Myanmar dan kalah dari Thailand.

Merujuk hal itu, poin yang diperoleh Kamboja seharusnya lebih banyak dari Timnas Indonesia U-23 dan merekalah yang harusnya lolos ke semifinal. Namun, pada kenyataannya, justru Timnas Indonesia U-23 yang dipastikan melangkah ke babak empat besar.

Baca Juga:
Daftar Top Skor Piala AFF U-23 2023: Ramadhan Sananta Dipepet Dua Bintang Malaysia

Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Mekanisme Klasemen Runner-up Terbaik Piala AFF U-23 2023

Piala AFF U-23 2023 diikuti oleh 10 tim yang dibagi ke dalam tiga grup yakni A, B dan C. Grup A menjadi satu-satunya yang diisi empat tim yakni tuan rumah Thailand, Kamboja, Myanmar dan Brunei Darussalam.

Sementara Grup B dan C masing-masing diisi tiga tim. Grup B berisi Malaysia, Timnas Indonesia U-23 dan Timor Leste, sementara Grup C ditempati Vietnam, Filipina dan Laos.

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Voli Putra Indonesia vs Korea Selatan di Kejuaraan Voli Asia 2023

Situasi itu membuat mekanisme klasemen runner-up terbaik pun mengalami penyesuaian. Khusus Grup A, laga menghadapi tim yang finis di posisi terakhir atau keempat tidak dihitung dalam klasemen runner-up terbaik.

Kemenangan Kamboja atas Brunei yang finis di posisi buncit Grup A tidak masuk hitungan dalam klasemen runner-up terbaik. Alhasil, Kamboja terhitung hanya memiliki satu poin dengan rincian imbang dengan Myanmar dan kalah dari Thailand.

Situasi itu membuat Timnas Indonesia U-23 berhak jadi pemuncak klasemen runner-up terbaik mengungguli Kamboja (1 poin) dan juga Filipina (1 poin).

Baca Juga:
Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023, Media Vietnam Heran dengan Reaksi Suporter Timnas Indonesia U-23

Filipina sejatinya punya peluang untuk menyingkirkan Indonesia. Namun, dalam laga terakhir Grup C kontra Vietnam, mereka menderita kekalahan.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 sudah ditunggu lawan tangguh Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023 pada Kamis (23/8). Di laga lainnya, Vietnam akan menghadapi Malaysia.

Load More