Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Nasib Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 ditentukan malam ini, Selasa (22/8/2023) dari hasil pertandingan Grup B dan Grup C.

Sementara Thailand sudah memastikan tiket semifinal dalam genggaman usai menyapu bersih 3 laga fase grup dengan kemenangan meyakinkan.

Pasukan Issara Sritaro lolos ke semifinal dengan poin sempurna, Thailand tinggal menanti calon lawan di semifinal berstatus runner-up terbaik.

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Indonesia yang Menikah Muda, Terbaru Pratama Arhan

Tiga slot semifinal Piala AFF U-23 2023 masih diperebutkan, Malaysia dan Vietnam diunggulkan meraih status juara grup masing-masing.

Seiring itu, Timnas Indonesia U-23 harus menggantungkan nasib dari hasil pertandingan di grup lain untuk mendapat predikat runner-up terbaik.

Buntut kekalahan 1-2 dari Malaysia di laga pembuka babak penyisihan grup, nasib skuad Garuda Muda akan ditentukan malam ini.

Baca Juga:
Ranking Terbaru Timnas Voli Putra Indonesia, Meroket usai Kalahkan Kazakhstan

Sejatinya satu kaki anak asuh Shin Tae-yong sudah menginjak babak semifinal, seiring kekalahan Kamboja dari Thailand di laga pamungkas fase Grup A.

Akan tetapi kepastian Indonesia melaju ke semifinal atau tidak masih harus menanti hasil akhir laga Grup B dan Grup C.

Dari Grup B, Malaysia melawan Timor Leste sedangan Grup C mempertemukan Vietnam melawan Filipina malam nanti.

Baca Juga:
Profil Olga Carmona, Pahlawan Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023

Singkatnya Timnas Indonesia U-23 bakal melangkah mulus ke semifinal sebagai runner-up terbaik jika Timor Leste dan Filipina kalah dari lawannya.

Hasil itu membuat posisi Indonesia di tabel klasemen runner-up terbaik tak tergantikan, lain halnya jika Malaysia dan Vietnam yang kalah.

Kondisi itu akan membuat perubahan besar dalam tabel klasemen di mana skuad asuhan Shin Tae-yong berada di posisi yang sulit.

Baca Juga:
Media Vietnam Prediksi 4 Tim yang Lolos Semifinal Piala AFF U-23 2023, Termasuk Timnas Indonesia U-23?

Kalah head-to-head melawan Malaysia dan kalah selisih gol dari Vietnam, tentu Indonesia dipastikan tersingkir jika itu terjadi.

Sementara lawan berat sudah menanti di babak semifinal, Thailand yang dijadwalkan berjumpa dengan runner-up terbaik.

Menarik dinantikan hasil pertandingan terakhir babak penyisihan grup Piala AFF U-23 2023, akankah Indonesia lolos atau pada akhirnya tersingkir.

Kontributor: Eko
Load More