Husna Rahmayunita | Syaiful Rachman
Laga Timnas Thailand U-23 vs Kamboja di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Thailand menjaga harapan Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 usai mengalahkan Kamboja di laga pamungkas Grup A, Senin (22/8/2023) malam.

Pada pertandingan yang digelar di PTT Stadium, Rayong, Thailand, tuan rumah melibas Kamboja 2-0 lewat dua gol bunuh diri Reth Ly Heng.

Kemenangan ini mengantarkan Thailand ke puncak klasemen setelah menyapu bersih tiga kemenangan di babak Grup A. Tim Gajah Putih Muda mengunci satu tempat di final.

Baca Juga:
Rapor Pemain Indonesia di Malaysia: Saddil Ramdani Cetak Assist Apik, Klub Natanael Siringoringo Dibantai 10-0

Di sisi lain, bagi Kamboja, kekalahan ini adalah mimpi buruk karena mereka dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-23 2023. Mereka mengakhiri penyisihan Grup A dengan empat poin hasil dari satu kemenangan, satu kali imbang dan satu kali tumbang.

Meski mengantongi empat poin, kemenangan telak 5-0 atas Brunei di laga perdana tidak dihitung dalam aturan pemilihan runner-up terbaik untuk satu tiket semifinal. Pasalnya, laga kontra tim terlemah dalam Grup A, yang dihuni empat tim (Grup B dan C hanya tiga tim), tak dihitung.

Alhasil, Kamboja yang hanya mengantongi satu poin hasil imbang kontra Myanmar, dipastikan gagal lolos lewat jalur runner up terbaik. Pasalnya sudah ada tim yang berada di posisi teratas jalur tersebut.

Baca Juga:
Media Malaysia Soroti Kritik Shin Tae-yong ke Wasit yang Anulir Gol Ramadhan Sananta

Tim tersebut adalah Timnas Indonesia U-23 yang saat ini menempati posisi dua Grup B dengan koleksi tiga poin hasil dari dua laga; 2-1 kontra Malaysia dan 1-0 kontra Timor Leste.

Timor Leste pun masih punya peluang untuk menyalip Garuda Muda mengingat mereka masih akan melakoni laga terakhir di Grup B. Syaratnya mereka harus mengalahkan Malaysia dengan skor minimal 2-0 di laga pamungkas Grup B, Selasa (22/8).

Begitu juga dengan Filipina yang masih akan menghadapi satu laga terakhir, yaitu kontra Vietnam. Filipina sendiri saat ini berada di posisi kedua Grup C dengan satu poin. 

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Paling Menonjol di Fase Grup Piala AFF U-23 2023

Load More