Husna Rahmayunita
Olga Carmona, Pahlawan Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023. (dok.rfef)

Bolatimes.com - Nama Olga Carmona Garcia bakal tercatat di buku sejarah Spanyol usai menjadi pahlawan Timnas Putri Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023.

Spanyol yang berhadapan dengan Inggris di final Piala Dunia Wanita 2023, Minggu (20/8/2023) sore WIB, di Stadion Australia, Sydney, berhasil meraih kemenangan 1-0.

Kemenangan tipis tersebut sudah cukup mengantarkan Spanyol menjadi juara dunia dan ini menjadi kali pertama dalam sejarah Spanyol menjuarai Piala Dunia Wanita.

Baca Juga:
3 Fakta Muhammad Ragil, Striker Timnas Indonesia U-23 yang Disorot saat Lawan Malaysia dan Timor Leste

Satu-satunya gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Olga Carmona di menit ke-29. Ini lantas menjadikan Olga sebagai sosok yang paling disorot.

Ironisnya, malam perayaan itu menjadi malam yang campur aduk buat Olga Carmona. Kegembiraan menjadi juara Piala Dunia Wanita bercampur dengan kesedihan usai mendapat kabar ayahnya meninggal dunia.

Lantas, seperti apa perjalanan karier dari Olga Carmona sendiri?

Baca Juga:
Dipecundangi Timnas Indonesia U-23, Kapten Timor Leste U-23 Minta Maaf

Profil Olga Carmona

Sosok dengan nama lengkap Olga Carmona Garcia ini lahir di Sevilla, Spanyol, pada 12 Juni 2000. Sejak usia 6 tahun, ia sudah menjajal olahraga sepak bola.

Ia mengawali semuanya di akademi Sevilla Este, lalu pindah ke akademi wanita Sevilla pada 2007. Setelah 10 tahun, ia akhirnya menjalani debut di tim utama wanita Sevilla pada 2017.

Baca Juga:
Masih Ada Harapan, 3 Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023

Bersama Sevilla Wanita di musim perdananya, ia berhasil mengantarkan timnya promosi ke Primera Division (kasta teratas di Spanyol).

Setelah tiga musim di Sevilla, Olga Carmona lalu pindah ke tim raksasa Spanyol, Real Madrid Femenino. Sampai musim terakhirnya di Madrid, ia mencatatkan 10 gol dari 82 pertandingan.

Adapun, karier Olga di tim nasional Spanyol sudah dimulai sejak di Spanyol U-19. Ia bahkan mengantarkan Spanyol U-19 menjuarai Euro U-19 2018.

Baca Juga:
Pratama Arhan Resmi Jadi Suami Azizah Salsha, Asnawi Mangkualam Kasih Julukan Baru

Lantas pada April 2021, Olga Carmona menjalani debutnya di timnas senior wanita Spanyol. Sejauh ini ia sudah mencatatkan 22 caps dengan torehan 3 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More