Rauhanda Riyantama
Ramadhan Sananta cetak gol tunggal kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Timor Leste di Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Melihat calon lawan Timnas Indonesia U-23 jika berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023, di mana lawan yang akan dihadapi adalah lawan terkuat di ajang ini.

Timnas Indonesia U-23 telah menuntaskan perjalanannya di grup B Piala AFF U-23 2023 dengan meraih kemenangan atas Timor Leste, Minggu (20/8).

Dalam laga tersebut, skuad Garuda Muda berhasil menutup pertandingan dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal Ramadhan Sananta di menit ke-45.

Baca Juga:
Klasemen Sementara Runner-up Terbaik Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 di Pucuk

Berkat kemenangan itu, Timnas Indonesia U-23 pun berhasil mengoleksi tiga poin dan memiliki selisih gol nol dan duduk di peringkat kedua klasemen grup B di belakang Malaysia.

Malaysia unggul atas Timnas Indonesia U-23 di klasemen dengan raihan tiga poin dan surplus satu gol serta masih menyimpan tabungan satu laga.

Mengingat hanya juara grup saja yang akan lolos ke semifinal, maka peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos pun terbilang tipis.

Baca Juga:
Daftar Tim yang Sudah Tersingkir dari Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 Harap-harap Cemas

Meski begitu, Timnas Indonesia U-23 masih bisa lolos melalui jalur Runner Up grup terbaik. Namun untuk lolos lewat jalur ini, pasukan Shin Tae-yong harus menunggu hasil dari grup A dan C.

Jika Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023, maka siapa lawan yang akan dihadapi di babak semifinal kelak?

Berpotensi Hadapi Thailand

Baca Juga:
Kalah Tipis dari Timnas Indonesia U-23, Pelatih Timor Leste Anggap Pertandingan Bagus

Jika berhasil lolos ke semifinal, maka Timnas Indonesia U-23 berpeluang berhadapan dengan tuan rumah penyelenggaraan Piala AFF U-23 2023, yakni Thailand.

Pertemuan ini bisa saja terjadi jika melihat skema yang ada. Skema yang dimaksud adalah hasil yang didapatkan Thailand kelak di laga tersisa di grup A.

Thailand saat ini tengah duduk di puncak klasemen grup A dengan raihan enam poin dari dua pertandingan grup A melawan Myanmar dan Brunei.

Baca Juga:
Gol Kedua Ramadhan Sananta ke Gawang Timor Leste Dianulir Wasit, Shin Tae-yong Sentil AFF

Tim berjuluk Gajah Perang itu menyisakan satu laga saja di laga grup A, yakni dengan menghadapi Kamboja pada Senin (21/8) malam WIB.

Jika Thailand menang atau hanya meraih hasil imbang atas Kamboja, maka Gajah Perang akan lolos ke semifinal dengan status juara grup.

Dalam bagan Piala AFF U-23 2023 ini, juara grup A akan bersua Runner Up grup terbaik. Sehingga, Thailand pun berpotensi menghadapi Timnas Indonesia U-23.

Pertemuan Thailand dan Timnas Indonesia U-23 pun bisa terjadi jika mengacu pada hasil lainnya, di mana Vietnam harus bisa menang atau imbang atas Filipina (22/8) dan Malaysia menang atau imbang kontra Timor Leste (21/8).

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More