Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Nasib Timnas Indonesia U-23 tengah berada dalam kondisi yang rawan. Skuad Garuda Muda terancam gugur dari persaingan Piala AFF U-23 2023 pada malam ini karena ada satu laga yang menentukan.

Kepastian Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal bergantung pada hasil pertandingan Grup A Piala AFF U-23 2023 antara Thailand dan Kamboja. Duel ini bakal terselenggara di PTT Stadium, Rayong, Senin (21/8/2023) pukul 20.00 WIB.

Hasil pertandingan antara Thailand dan Kamboja nantinya akan ikut mempengaruhi peta persaingan dan posisi antarkontestan di klasemen sementara runner-up terbaik Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga:
2 Momen Pemain Timnas Indonesia U-23 Dicurangi Wasit di Piala AFF U-23 2023, Salah Satunya Bikin Kalah Lawan Malaysia

Timnas Indonesia U-23 memang harus berharap banyak pada persaingan klasemen runner-up terbaik Piala AFF U-23 2023 untuk bisa melenggang ke fase berikutnya. Hal ini tak terlepas dari kekalahan skuad Garuda Muda pada laga perdana Grup B.

Saat itu, Timnas Indonesia U-23 harus kalah secara dramatis dari Timnas Malaysia U-23. Setelah sempat unggul 1-0, Garuda Muda justru harus tertunduk lesu setelah Malaysia berbalik unggul dengan skor 1-2.

Beruntung. Timnas Indonesia U-23 mampu menang pada laga kontra Timor Leste. Gol tunggal Ramadhan Sananta pada menit ke-45 berhasil membawa Indonesia meraup tiga poin. 

Baca Juga:
Kata-kata Ramadhan Sananta usai Jadi Pencetak Gol Tunggal Timnas Indonesia U-23 ke Gawang Timor Leste

Dengan hasil ini, anak asuh Shin Tae-yong kini berada di peringkat kedua. Mereka meraih tiga poin dari dua pertandingan. Selain itu, Indonesia juga berada di puncak klasemen runner-up terbaik Piala AFF U-23 2023.

Sebagai informasi, Thailand saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin. Sementara itu, Kamboja berada di peringkat kedua dengan koleksi empat poin.

Kamboja memang tidak bakal menjadi ancaman bagi Indonesia apabila mereka kalah dari Thailand. Sebab, Kamboja hanya akan memiliki satu poin di klasemen runner-up terbaik karena hasil laga melawan Brunei Darussalam tak dihitung.

Baca Juga:
Jadwal Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 Hari Ini: Duel Jonatan Christie vs Lee Zii Jia

Jalan ceritanya bakal berbeda jika Kamboja bisa mengalahkan Thailand. Apalagi, apabila mereka bisa menang dengan margin dua gol, hal ini bakal menjadi malapetaka bagi Indonesia.

Pasalnya, Kamboja akan naik ke puncak klasemen Grup A, sedangkan Thailand tercebur ke klasemen runner-up terbaik Piala AFF U-23 2023.

Apabila skenario ini terwujud, Thailand bakal menduduki puncak klasemen runner-up terbaik dengan koleksi tiga poin. Mereka bisa mengungguli Indonesia karena unggul selisih gol. Saat ini, selisih gol milik Indonesia hanya di angka 0. Sementara itu, Thailand akan surplus satu gol.

Baca Juga:
Hasil AVC Championship 2023: Timnas Voli Putra Indonesia Taklukkan Kazakhstan 3-1

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More