Rauhanda Riyantama
Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia di Piala AFF U-23 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Berikut dua momen saat penggawa Timnas Indonesia U-23 dicurangi wasit kala menjalani dua pertandingan di ajang Piala AFF U-23 2023 kontra Malaysia dan Timor Leste.

Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di fase grup Piala AFF U-23 2023 telah berakhir seiring tuntasnya duel melawan Malaysia (18/8) dan Timor Leste (20/8).

Di dua pertandingan tersebut, skuad Garuda Muda mendapati dua hasil berbeda kala melawan tim dari negara tetangganya itu.

Baca Juga:
Kata-kata Ramadhan Sananta usai Jadi Pencetak Gol Tunggal Timnas Indonesia U-23 ke Gawang Timor Leste

Di laga pertama kontra Malaysia, Timnas Indonesia U-23 harus dipaksa menyerah dengan skor 1-2, usai gol cepat Ramadhan Sananta dibalas lewat Brace Fergus Tierney di paruh kedua.

Sedangkan di laga kedua kontra Timor Leste, tim besutan Shin Tae-yong itu berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 lewat gol tunggal Ramadhan Sananta.

Dari dua pertandingan tersebut, terdapat dua momen di mana Timnas Indonesia U-23 mendapat keputusan yang tak menguntungkan atau dicurangi oleh wasit yang memimpin laga.

Baca Juga:
Jadwal Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 Hari Ini: Duel Jonatan Christie vs Lee Zii Jia

Di momen mana saja Timnas Indonesia U-23 dicurangi oleh wasit di fase grup Piala AFF U-23 2023? Berikut rangkuman Bolatimes.com.

1. Penalti untuk Malaysia

Di laga perdana grup B Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 harus mendapat keputusan kontroversial dari wasit yang memberi hadiah penalti untuk Malaysia.

Baca Juga:
Hasil AVC Championship 2023: Timnas Voli Putra Indonesia Taklukkan Kazakhstan 3-1

Momen tersebut terjadi di paruh kedua, saat pemain Malaysia, Fergus Tierney, jatuh di kotak penalti Timnas Indonesia U-23 usai berduel dengan Kadek Arel.

Padahal dalam duel tersebut, terlihat Fergus Tierney menarik jersey Kadek Arel. Bahkan, tak banyak kontak yang terjadi saat keduanya berduel.

Akibatnya, Malaysia mendapat penalti dan berhasil menyamakan kedudukan, yang membuat permainan Timnas Indonesia U-23 berubah, sehingga takluk dengan skor 1-2.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF U-23 Malam Ini: Laga Penentu Nasib Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal

2. Gol Ramadhan Sananta Dianulir karena Offside

Keputusan kontroversial wasit kembali tercipta di laga kedua Timnas Indonesia U-23 saat gol Ramadhan Sananta ke gawang Timor Leste dianulir karena Offside.

Gol tersebut terjadi di babak kedua, saat Beckham Putra mengirimkan umpan silang lambung yang berhasil di kontrol oleh Ramadhan Sananta dan dieksekusi menjadi gol.

Sayangnya, gol tersebut dianulir karena hakim garis mengangkat bendera. Padahal dalam tayangan ulang, terlihat Ramadhan Sananta dalam posisi Onside saat Beckham Putra melepaskan operan akurat.

Karena keputusan ini Timnas Indonesia U-23 gagal menang besar dan terancam gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Hal tersebut juga membuat Shin Tae-yong naik pitam pasca laga.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More