Rauhanda Riyantama
Ramadhan Sananta cetak gol tunggal kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Timor Leste. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 harus susah payah kalahkan Timor Leste U-23 dalam matchday kedua Grup B Piala AFF U-23 2023, Minggu (20/8/2023) malam. Bermain di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Garuda Muda cuma menang 1-0.

Satu-satunya gol dalam pertandingan ini dicetak oleh Ramadhan Sananta. Meski sukses memenangi pertandingan atas Timor Leste, nasib Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal menunggu hasil tim di grup lain.

Timnas Indonesia U-23 yang diunggulkan di laga ini, di luar dugaan mendapat perlawanan sengit dari Timor Leste. Meski mengendalikan permainan, tim Merah Putih kesusahan mencetak gol.

Baca Juga:
Perbandingan Nilai Pasar Elkan Baggott vs Nathan Tjoe A-On, Pemain Berdarah Indonesia di Kasta Kedua Liga Inggris

Padahal, banyak gol diperlukan bagi Timnas Indonesia U-23 untuk menjaga kans lolos ke babak berikutnya. Sementara Timor Leste lebih banyak bermain menunggu mencari momentum pas menyerang.

Ada sejumlah peluang didapatkan oleh Ramadhan Sananta dan kawan-kawan. Namun, sulit berbuah gol karena selalu bisa dipatahkan sampai peluang terbuang sia-sia.

Serangan balik Timor Leste juga beberapa kali berbahaya untuk gawang Ernando Ari. Untungnya, pemain-pemain Garuda Muda masih mampu mengantisipasinya sehingga tak kebobolan.

Baca Juga:
Profil Fernando Valente, Eks Juru Taktik Shakhtar Donetsk yang Kabarnya Bakal Latih Arema FC

Hingga pada akhirnya Timnas Indonesia U-23 bisa mencetak gol pada menit ke-45. Beckham Putra yang mengirim umpan jauh ditanduk langsung oleh Ramadhan Sananta ke dalam gawang Timor Leste.

Tidak ada gol lagi sampai turun minum. Timnas Indonesia U-23 sementara unggul 1-0 atas Timor Leste.

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-23 masih kesulitan mencetak gol. Meski memang Garuda Muda menguasai jalannya pertandingan.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Gustavo Almeida Cetak Gol, Arema FC Tahan Imbang Persija Jakarta

Serangan bertubi-tubi dilancarkan Timnas Indonesia U-23. Namun, sangat sulit dijadikan menjadi gol oleh tim Merah Putih.

Salah satu peluang emas yang didapat Indonesia pada menit ke-70. Umpan mendatar dari Bagas Kaffa gagal dimanfaatkan Sananta karena tendangannya melebar dari mulut gawang.

Menit ke-79, Timnas Indonesia U-23 berhasil mencetak gol. Sayang bola yang dimasukan Ramadhan Sananta ke gawang Timor Leste dianggap offside oleh wasit.

Baca Juga:
Update Ranking Terbaru BWF: Fajar/Rian Masih Adem di Puncak, Ginting Tempel Axelsen

Sulit bagi Timnas Indonesia U-23 menggandakan keunggulan. Padahal, mereka butuh banyak gol untuk membuka kans lolos ke babak berikutnya.

Alhasil, sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan tidak ada gol lagi tercipta. Timnas Indonesia U-23 cuma bisa menang 1-0 atas Timor Leste.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 XI (4-3-3): Ernando Ari; Frengky Missa, Kadek Arel, Alfeandra Dewangga, Amiruddin Bagas Kaffa; Rifky Dwi; Arkhan Fikri, Beckham Putra; Jeam Kelly Sroyer, Ramadhan Sananta, Abdul Rahman.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Timor Leste U-23 XI (3-5-2): Georgino Jose, Ricardo Rorinho, Orcelio Nobelito, Anizo Correira; Mario Quintao, Luis Figo, Cristevao, Fernandes, Joao Bosco; Luis Figo Riberio, Olagar Fernando.

Pelatih: Park Soo-tae

Load More