Rauhanda Riyantama
Pemain keturunan Indonesia Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On. (kolase/@pssi, @swansofficial)

Bolatimes.com - Selain bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott yang kini merumput bersama Ipswich Town, kompetisi kasta kedua Liga Inggris juga memunculkan pemain berdarah Indonesia lainnya, yaitu Nathan Tjoe-A-On.

Selain Elkan Baggott yang kiprahnya terus mendapat sorotan dari publik Indonesia, Nathan Tjoe-A-On kini juga tengah menjadi perbincangan tersendiri. Sebab, dia punya garis keturunan Indonesia.

Sehingga, pemain ini punya potensi untuk dinaturalisasi PSSI agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Kabarnya, Nathan Tjoe-A-On juga sudah menarik perhatian PSSI.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Gustavo Almeida Cetak Gol, Arema FC Tahan Imbang Persija Jakarta

Kini, Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On bakal sama-sama berjuang untuk mendapatkan tempat utama bersama klubnya masing-masing di ajang Divisi Championship 2023/2024 yang menjadi kasta kedua Liga Inggris.

Dari segi usia, keduanya memang tak jauh berbeda. Elkan Baggott kini telah berumur 20 tahun, sedangkan Nathan yang berstatus sebagai pemain kelahiran Belanda usianya telah menginjak 21 tahun.

Sebelum berkarier di Liga Inggris, Nathan memang sudah menghabiskan waktunya di Liga Belanda. Dia berstatus sebagai pemain binaan Excelsior. Pada 2019 lalu, dia juga telah promosi ke klub utama.

Baca Juga:
Update Ranking Terbaru BWF: Fajar/Rian Masih Adem di Puncak, Ginting Tempel Axelsen

Bersama klub itu pula, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini sudah merasakan ketatnya persaingan di ajang Eredivisie alias kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda. Tercatat, dia sudah bermain sebanyak 29 kali dan mencetak satu gol serta satu assist.

Salah satu aspek yang menjadi perbandingan dari Nathan dan Elkan ialah nilai pasarnya. Menurut data yang disajikan laman Transfermarkt, Elkan Baggott kini memiliki nilai pasar sebesar 250 ribu euro atau setara dengan Rp4,18 miliar.

Menariknya, Nathan memiliki nilai pasar yang jauh lebih tinggi. Sebab, Transfermarkt menaksir harga pasarnya senilai 500 ribu euro, atau setara dengan Rp8.36 miliar.

Baca Juga:
Sah! Pratama Arhan Resmi Menikah dengan Azizah Salsha di Jepang

Tingginya harga pemain berpostur 182 cm ini tak terlepas dari kiprahnya bersama Excelsior. Sebab, meskipun usianya baru menginjak 21 tahun, Nathan sudah bisa bermain di level tertinggi.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan Elkan Baggott. Bersama Ipswich Town, Elkan harus menjalani masa peminjaman berkali-kali untuk bisa mendulang pengalaman dan menit bermain.

Sebelumnya, dia sempat dilepas ke klub kasta keempat Liga Inggris, Gillingham FC, pada rentang waktu 2022-2023. Setelah itu, dia melanjutkan masa pinjaman bersama klub kasta ketiga, Cheltenham Town (2023).

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Tak Boleh Anggap Remeh, Timor Leste Jadi Pemuncak Grup di Piala AFF U-23 Tahun Lalu

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More