Husna Rahmayunita
Pelatih Shin Tae-yong memberikan instruksi ke pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Pelatih Shin Tae-yong berpotensi merusak rekor Timnas Indonesia U-23 usai kalah dari Malaysia di Piala AFF U-23 2023. Rekor apa itu?

Timnas Indonesia U-23 harus membuka kampanyenya di Piala AFF U-23 2023 dengan hasil memalukan, usai tumbang dari Malaysia dengan skor 1-2, Jumat (18/8) malam WIB.

Dalam laga tersebut, skuad besutan Shin Tae-yong itu sejatinya mampu unggul terlebih dahulu lewat Ramadhan Sananta di menit ke-9 berkat aksi individunya yang mengecoh pertahanan Malaysia.

Baca Juga:
Bobol Gawang Timnas Indonesia U-23, Striker Naturalisasi Malaysia: Saya Sedikit Emosional

Namun keunggulan itu tak bertahan lama setelah Malaysia mampu membalikkan keadaan lewat dua gol penggawanya, yakni Fergus Tierney.

Fergus Tierney mampu mencetak Brace dalam tempo delapan menit saja, masing-masing lewat titik putih di menit ke-54 dan lewat sontekannya di dalam kotak penalti di menit ke-62.

Hingga peluit panjang dibunyikan, serangan Timnas Indonesia U-23 tak kunjung membuahkan hasil, sehingga skuad Garuda Muda pun harus menelan kekalahan dari rivalnya itu.

Baca Juga:
Malaysia Libas Timnas Indonesia U-23, Klub Jordi Amat Dibawa-bawa

Kekalahan dari Malaysia ini membuat STY pun berpotensi merusak rekor yang dimiliki Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23.

Rekor apa bisa dirusak Shin Tae-yong pasca anak asuhnya kalah 1-2 dari Malaysia di laga pembuka Piala AFF U-23 2023?

Rekor Gagal ke Semifinal

Baca Juga:
Kisah Orri Oskarsson, Pemain FC Copenhagen yang Bikin Hattrick ke Gawang Tim Ayahnya

Dalam perjalanannya, Piala AFF U-23 telah dilangsungkan sebanyak lima kali, termasuk di edisi 2023 ini. Dalam lima edisi tersebut, Timnas Indonesia U-23 tercatat berpartisipasi dua kali saja.

Timnas Indonesia U-23 tercatat berpartisipasi dua kali di Piala AFF U-23 2019 di Kamboja dan Piala AFF U-23 2023 di Thailand yang saat ini tengah berlangsung.

Di edisi 2019, Timnas Indonesia U-23 melakoni debutnya di Piala AFF U-23. Saat itu, skuad Garuda Muda yang dibesut Indra Sjafri mampu tampil superior.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023 seusai Kalah dari Malaysia U-23

Dalam debutnya itu, Timnas Indonesia U-23 tampil tak terkalahkan sepanjang turnamen dan berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-23 2019 usai mengalahkan Thailand di final.

Kini di Piala AFF U-23 2023, rekor Timnas Indonesia U-23 yang mampu lolos ke semifinal dan menjadi juara pada edisi 2019 itu berpotensi dirusak Shin Tae-yong.

Potensi rusaknya rekor itu terlihat setelah Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan dari Malaysia di laga pembuka grup B Piala AFF U-23 2023.

Karena menelan kekalahan di laga pembuka, Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong terancam tak lolos ke semifinal, mengingat hanya juara grup saja yang bakal ke semifinal.

Sejatinya peluang STY membawa Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal masih terbuka andai bisa menang atas Timor Leste dan Timor Leste bisa mengalahkan Malaysia.

Tapi peluang tersebut terbilang kecil. Pun dengan peluang lolos ke semifinal via jalur Runner Up grup terbaik, mengingat Timnas Indonesia U-23 harus bergantung pada hasil di grup A dan C.

Meski terancam merusak rekor Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tampaknya tak ambil pusing. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan ini sudah menekankan bahwa Piala AFF U-23 2023 hanya jadi ajang uji coba untuknya dan timnya.

"Jadi dalam sudut pandang saya, turnamen ini memiliki arti lebih sebagai ajang persahabatan," kata Shin Tae-yong seperti yang dikutip dari Soha.vn.

Adapun fokus Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-23 sendiri adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar pada 6-12 September 2023 mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More