Rauhanda Riyantama
Pemain Jeonnam Dragons Asnawi Mangkualam. (Instagram/@jeonnamdragonsfc)

Bolatimes.com - Berikut daftar pemain Indonesia yang mampu mengenyam karier sukses saat berkarier di luar negeri, di mana dua di antaranya menjadi andalan Timnas Indonesia saat ini.

Sejak dahulu, Indonesia memiliki banyak pesepak bola bertalenta yang mampu mempesona klub-klub luar negeri hingga berniat memboyongnya.

Tercatat banyak pesepak bola Indonesia yang akhirnya bisa berkarier di luar negeri, entah itu di Asia ataupun di Eropa yang jadi kiblat olahraga satu ini.

Baca Juga:
Piala AFF U-23 2023: Belum Bertanding, Pelatih Malaysia U-23 Ciut Nyali Nyali dengan Shin Tae-yong?

Tapi, tak banyak pesepak bola Indonesia yang bisa mengenyam sukses di luar negeri. Justru kebanyakan sulit bersaing sehingga memilih pulang ke Tanah Air.

Meski demikian, ada pula beberapa pemain asal Indonesia yang justru bisa mengenyam sukses saat berkarier di klub-klub luar negeri.

Kesuksesan ini tak hanya dilihat dari gelar, melainkan dari jumlah penampilan yang didapatkan sehingga bisa menjadi andalan bagi klub-klubnya.

Baca Juga:
Tak Masuk Skuad Timnas Indonesia U-17, Pemain yang Dicoret Bima Sakti Trial di Klub Spanyol

Berikut Bolatimes.com sajikan daftar pesepak bola Indonesia yang meraih kesuksesan saat berkarier di negeri orang.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan salah satu penyerang terbaik sepanjang masa Timnas Indonesia. Pamornya sebagai penyerang membuatnya sempat membela Sampdoria di Italia dan FC Luzern di Swiss.

Baca Juga:
Fakhri Husaini Kritik Cara PSSI Seleksi Pemain untuk Piala Dunia U-17, Mirip untuk Kompetisi Kecamatan

Usai kesulitan di Sampdoria, Kurniawan mampu bersinar di FC Luzern, di mana ia mampu tampil sebanyak 26 kali dan mampu melesakkan 7 gol sebelum kembali ke Indonesia.

2. Rochy Putiray

Rochi Putiray juga berstatus salah satu penyerang terbaik Timnas Indonesia. Pamornya sebagai penyerang pernah membawanya ke Hong Kong dengan membela empat klub berbeda.

Baca Juga:
Sehebat Apa Sih Moises Caicedo? Pemain Ekuador yang Pecahkan Rekor Pemain Termahal Liga Inggris usai Dibeli Chelsea

Salah satu klub yang dibelanya adalah Kitchee SC. Di klub ini, Rochy mampu menjadi perbincangan berkat 16 gol dari 26 laga yang ia cetak, di mana salah satunya di laga uji coba kontra AC Milan.

3. Bambang Pamungkas

Tak ada yang meragukan kapasitas Bambang Pamungkas sebagai penyerang. Bahkan sejak usia muda, dirinya mampu menarik atensi tim Belanda, EHC Hoensbroek yang kemudian memboyongnya.

Tapi Bepe, sapaannya, gagal adaptasi di Belanda. Setelahnya ia sempat bermain di Malaysia bersama Selangor FA, di mana legenda Persija Jakarta ini mampu mencetak 42 gol dari 63 laga dan menjuarai Treble Winner di tahun 2005.

4. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam menjadi salah satu penggawa Timnas Indonesia saat ini yang memilih berkarier di luar negeri, tepatnya di Korea Selatan.

Sejak hijrah ke Korea Selatan pada 2021, Asnawi telah membela Ansan Greeners dan Jeonnam Dragons, hingga menjadi andalan dengan total penampilan 59 kali bersama dua klub tersebut.

5. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani mengikuti jejak seniornya, Bambang Pamungkas, dengan melanjutkan karier ke Malaysia saat dirinya bergabung Sabah FC pada 2021 lalu.

Hingga 2023 ini, Saddil masih bermain bagi Sabah FC, di mana dirinya mampu tampil sebanyak 55 kali dengan mencatatkan 14 gol dan 18 assist.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More