Husna Rahmayunita
Duel Bali United vs PSM Makassar di pekan ke-8 BRI Liga 1 2023-2024. (Instagram/@baliunitedfc)

Bolatimes.com - Bali United sukses mengalahkan PSM Makassar pada pertandingan pekan kedelaoan BRI Liga 1 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (12/8/2023). Tuan rumah menang 3-2.

Menangkan pertandingan sengit, Bali United meroket ke puncak klasemen sementara BRI Liga 1 2023-2024. Sedangkan PSM Makassar bertengger di peringkat kedelapan.

Jalannya laga

Baca Juga:
Tanpa Latihan Fisik, Shin Tae-yong Pilih Matangkan Taktik dan Organisasi Permainan Timnas Indonesia U-23

Kedua tim tampil ngotot sejak awal laga. Tim tamu PSM Makassar terlebih dulu unggul setelah penyerang sayap kiri Rizky Eka Pratama langsung mampu mengeksekusi peluang menjadi gol pada menit keempat.

Bali yang mendapat dukungan penuh dari suporter tuan rumah akhirnya dapat menyamakan kedudukan berkat sepakan penyerang sayap kanan Privat Mbarga pada menit ke-12.

Setelah kedudukan imbang, tim dengan julukan PSM berusaha untuk kembali unggul di antaranya melalui tendangan langsung sang kapten Willem Pluim namun bola melambung tinggi di atas gawang Bali United.

Baca Juga:
Dua Dampak Bagi Persib Bandung usai Ditinggal Beckham Putra ke Timnas Indonesia U-23

Memasuki menit ke-30, skuad Juku Eja harus rela kehilangan satu pemainnya Safrudin Tahar setelah diganjar kartu merah oleh wasit Aidil Azmi karena sepakannya mengenai badan Novri Setiawan.

Meski hanya bermain 10 orang, PSM bukannya ciut namun justru semakin tajam menyerang tim asuhan Stefano Cugurra itu sehingga membuahkan gol pada menit ke-41 yang dicetak penyerang sayap kiri Yance Sayuri.

Gol tersebut dipicu pelanggaran yang berujung kartu kuning untuk kapten Bali United Ricky Fajrin. Tendangan langsung pemain bernomor punggung 23 itu pun tidak bisa ditepis kiper Adilson Maringga.

Baca Juga:
Tak Mau Kalah dari Elkan Baggott, Mees Hilgers juga Ciptakan Umpan Ciamik di Play-off Kompetisi Eropa

Keunggulan Willem Pluim dan kawan-kawan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Coach Teco berusaha menambah tenaga dengan menarik Made Andhika dan Mohammed Rashid digantikan Rahmat dan Ilija Spasojevic.

Bali United berusaha mengejar ketertinggalan namun beberapa kali peluang gol justru tak bisa diraih di antaranya sepakan lemah Privat Mbarga yang ditepis dengan mudah oleh kiper Reza Arya.

Baca Juga:
Tak Seperti AC Milan, Inter Milan Dengan Bangga Ceritakan Asal Usul Emil Audero dari Indonesia

Ilija Spasojevic akhirnya menyamakan kedudukan 2-2 setelah berhasil menyundul bola ke gawang lawan dari umpan sepakan pojok gelandang Bali United Eber Bessa pada menit ke-74.

Serdadu Tridatu kembali menarik tiga pemainnya sekaligus untuk menambah amunisi baru yakni Kadek Arel, Ricky Fajrin, dan Eber Bessa digantikan oleh Ardi Idrus, Haudi Abdillah, dan Fadil.

Taktik tersebut berhasil membuat Bali United berbalik unggul 3-2 setelah Ilija Spasojevic kembali menyundul bola ke gawang lawan usai mendapat umpan tendangan pojok Rahmat pada menit ke-85.

Di penghujung laga, Pelatih Bernardo Tavares juga menarik tiga pemainnya sekaligus yakni Kenzo, Dzaki Asraf, dan Rizki Eka Pratama digantikan oleh Rizky Pellu, Rasyid Bakri, dan Andy Harjito. Namun, upaya PSM belum membuahkan hasil karena tim tuan rumah berbalik menekan permainan tim tamu.

Hingga tambahan waktu tujuh menit, pertandingan sengit kedua tim tersebut berakhir dengan kemenangan untuk tuan rumah dengan skor 3-2

Susunan pemain:

Bali United
Adilson Maringga, Elias Dolah, Sidik Saimima, Eber Bessa, Novri Setiawan, Ricky Fajrin, Andhika Pradana, Privat Mbarga, Kadek Arel, Mohammed Rashid, Jefferson Assis.
Pelatih Kepala: Stefano Cugurra

PSM Makassar
Reza Arya, Yuran Fernandes, Dzaki Asraf, Adilson Silva, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Rizky Eka Pratama, Safrudin Tahar, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Willem Jan Pluim.
Pelatih Kepala: Bernardo Tavares

(Antara)

Load More