Rauhanda Riyantama
Penyerang Borneo FC, Matheus Pato melakukan selebrasi. (Twitter/@MatheusAntnio7)

Bolatimes.com - Eks penyerang Borneo FC, Matheus Pato, mampu mengukir catatan manis di laga keduanya bagi Shandong Taishan di ajang Liga China atau Chinese Super League.

Sejak resmi meninggalkan Borneo FC dan bergabung Shandong Taishan pada 26 Juli 2023 lalu, Matheus Pato langsung jadi andalan bagi klub barunya itu.

Beberapa hari pasca bergabung, penyerang berusia 28 tahun ini langsung melakoni debutnya kala Shandong Taishan menghadapi Beijing Guoan, Minggu (30/7).

Baca Juga:
Profil Fergus Tierney, Pemain Keturunan Skotlandia yang Bakal Perkuat Timnas Malaysia U-23 di Piala AFF U-23 2023

Dalam laga tersebut, Matheus Pato menjalani debutnya dengan masuk di babak kedua menggantikan Wang Tong di menit ke-65.

Sayangnya, Matheus Pato gagal mencetak gol dan assist di laga debutnya tersebut. Meski begitu, ia mampu Shandong Taishan menang 3-0 atas Bejing Guoan.

Lima hari berselang, Shandong Taishan kembali bertanding dan melakoni pekan ke-20 Liga China dengan menghadapi Meizhou Hakka, Jumat (4/8).

Baca Juga:
Mirisnya Jumlah Penonton Arema FC di 3 Laga Kandang Liga 1 2023/2024: Paling Mentok Hanya 2% dari Kapasitas Stadion

Di laga ini, Matheus Pato kembali dimainkan sebagai pemain pengganti dengan masuk di menit ke-56 menggantikan Marouane Fellaini.

Tak disangka, Matheus Pato mampu memberikan kontribusi dengan mencetak satu gol dan satu assist bagi Shandong Taishan di laga keduanya di Liga China ini.

Matheus Pato mampu mencetak gol di menit ke-86 lewat titik putih, dan kemudian memberikan assistnya di penghujung laga untuk gol yang dicetak Moises Lima Magalhaes di menit ke-90+4.

Baca Juga:
Thailand Hanya Panggil 3 Pemain Jebolan SEA Games di Piala AFF U-23 2023, Takut Kalah Lagi Lawan Timnas Indonesia?

Sebelum dipinang Shandong Taishan, pemilik Borneo FC, Nabil Husein, mengaku bahwa Matheus Pato sempat menjadi rebutan banyak klub luar negeri.

Disebutkan olehnya, Matheus Pato mendapat tawaran dari klub-klub Arab Saudi, Korea Selatan, China, hingga Kuwait saat masih berseragam Borneo FC di awal musim Liga 1 2023/2024.

Baca Juga:
Pelatih Borneo FC Berat Hati Lepas Pemainnya ke Timnas Indonesia U-23: Kita Lihat Situasinya Nanti

Bahkan, minat itu ditunjukkan saat ada agensi datang ke Yogyakarta dan menemui Nabil Husein untuk memboyong Matheus Pato.

Setelah mempertimbangkan banyak hal, terutama soal karier Matheus Pato, Nabil Husein dan Borneo FC pun akhirnya sepakat melepasnya ke Shandong Taishan.

Bagi Nabil Husein, kepindahan Matheus Pato itu menjadi sejarah bagi Liga Indonesia, di mana ada pemainnya yang dipinang klub besar di kompetisi yang lebih tinggi.

Matheus Pato pun saat ini telah berseragam Shandong Taishan. Dirinya pun dianugerahi kontrak berdurasi 1,5 tahun yang membuatnya terikat hingga Desember 2024 mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More