Irwan Febri Rialdi
Pemain Malaysia keturunan Skotlandia, Fergus Tierney. (Instagram/fergus.tierney)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 harus memberikan antisipasi khusus untuk satu pesepak bola bernama Fergus Tierney yang akan memperkuat Timnas Malaysia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2023.

Sebab, Timnas Malaysia U-23 yang menjadi lawan terberat Timnas Indonesia U-23 di Grup B Piala AFF U-23 2023 bakal mengandalkan sosok Fergus Tierney, pesepak bola keturunan Skotlandia.

Sebagai informasi, Fergus Tierney muncul dalam daftar 25 nama pemain yang dipanggil pelatih Timnas Malaysia U-23 untuk terjun di Piala AFF U-23 2023. Rata-rata pemain yang dipanggil berasal dari Selangor FC serta JDT II.

Baca Juga:
Mirisnya Jumlah Penonton Arema FC di 3 Laga Kandang Liga 1 2023/2024: Paling Mentok Hanya 2% dari Kapasitas Stadion

Sementara itu, sampai saat ini skuad Timnas Indonesia U-23 justru masih menjadi misteri. PSSI sebetulnya sempat mengunggah daftar nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, tapi kemudian dihapus.

Diduga PSSI menghapus postingan tersebut lantaran ada dua pemain yang tengah menjalani hukuman AFC yakni Komang Teguh serta Muhammad Taufany masuk dalam skuad.

Profil Fergus Tierney

Baca Juga:
Pelatih Borneo FC Berat Hati Lepas Pemainnya ke Timnas Indonesia U-23: Kita Lihat Situasinya Nanti

Sebagai informasi, Fergus Tierney merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Glasgow, Skotlandia, pada 19 Maret 2003. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu telah berumur 20 tahun.

Meskipun lahir di Skotlandia, Fergus Tierney dibesarkan di Penang, Malaysia. Hal inilah yang membuat pemain berpostur 185 cm ini bisa dinaturalisasi dan akhirnya mendapat paspor Malaysia.

Jika merujuk latar belakangnya, Tierney merupakan anak dari mantan pemain PDRM dan Penang, yakni Martin Tierney. Setelah pensiun, Martin kemudian melanjutkan kariernya menjadi pundit.

Baca Juga:
Profil Rendy Oscario, Kiper Persita yang Tersenyum usai Lakukan Blunder Konyol hingga Gawangnya Kebobolan

Ayah Fergus Tierney juga menekuni dunia kepelatihan. Dia sempat ditunjuk sebagai pelatih kepala sekaligus Direktur Kepelatihan di Soccer Experience International.

Di klub inilah Fergus Tierney turut mendapatkan pembinaan dan memperoleh pengalaman bertanding melawan akademi-akademi Eropa seperti Atletico Madrid, CA Osasuna, Levante UD, CD Tenerife, hingga Rangers FC.

Selama masih berusia muda, Fergus juga mendapat pengalaman banyak saat mendapat undangan berlatih bersama akademi Sunderland, Leicester City, Dundee, FC Goa, dan St Johnstone.

Baca Juga:
Segera Digelar di Indonesia, Berikut Daftar Negara yang Pernah Juara Piala Dunia Basket

Karier sepak bolanya dimulai bersama Johor Darul Takzim (JDT). Dia mendapatkan kontrak pertamanya pada awal 2022. Kini, dia masih bergabung dengan tim cadangan, yakni JDT II yang berkompetisi di Liga Primer Malaysia.

Sebelum tampil di Piala AFF U-23 2023, Fergus sudah merasakan penampilan bersama Timnas Malaysia U-23 di ajang Piala Merlion 2023 dan SEA Games 2023 di Kamboja.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More