Husna Rahmayunita
Pemain Malaysia, Kogileswaran Raj akan jadi rival Asnawi di K League 2. (Instagram/kogiraj1021)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Malaysia Kogileswaran Raj hanya seumur jagung bermain di Liga Korea Selatan, berbeda dengan penggawa Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam.

Kogileswaran Raj sebelum direkrut oleh klub divisi dua Liga Korea Selatan (K League 2), Cheongju FC. Namun, dirinya hanya bertahan sekitar enam bulan bersama klub tersebut.

Kontrak pemain yang karib disapa Kogi itu dilaporkan berakhir pada 3 Juli 2023. Selepas itu, ia memilih pulang kampung ke Malaysia dan bergabung ke Penang FC.

Baca Juga:
Susul Yann Sommer, Kiper Keturunan Indonesia Emil Audero Merapat ke Inter Milan

Kogi pun mengakui dirinya mendapat pengalaman berharga selama berkarier di Korea meski membela Cheongju FC dalam waktu singkat.

Salah satu yang membuatnya terkesan yakni dengan sikap para pemain yang serius menjalani latihan dengan intesitas tinggio. Hal itu, kata dia, juga diterapkan oleh Kim Pan-gon saat pemusatan latihan Harimau Malaya.

"Yang mereka tekankan dalam latihan adalah tidak ada permainan. Artinya, Anda tidak bisa bermain sembarangan. Semua pemain harus memberikan komitmen 100%," ujarnya dikutip dari Astro Arena vs Makanbola, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga:
Belum Pernah Bela Garuda, 5 Pemain Muda Liga 1 yang Bisa Dipanggil STY ke Timnas Indonesia U-23

"Latihannya, intensitasnya sangat-sangat tinggi. Meskipun pelatihan, saya tidak pernah dilatih seperti itu. Ketika saya berada di tim nasional dengan Pelatih Kim (Pan-gon), kami bisa mencari intensitas latihan seperti itu," sambungnya.

Kogi menyebut pola latihan sedemikian rupa sempat menjadi tantangannya untuk beradaptasi di Korea.

"Di sana, setiap sesi tidak peduli seberapa lelah atau setelah permainan, semua pemain akan melakukannya. Dan itu sangat, sangat sulit bagi saya, tetapi saya telah beradaptasi dengan baik," sambungnya.

Baca Juga:
Piala Dunia U-17 2023 Dipastikan Hanya Pakai 4 Stadion, Intip Daftarnya

Selama membela Cheongju FC, Kogi hanya mencatatkan satu penampilan. Walau begitu, ia tak mengaku tak menyesal sempat bermain di Liga Korea.

Di sisi lain, keputusan Kogileswaran Raj untuk mengakhiri karier di Korea berbanding terbalik dengan pemain Indonesia Asnawi Mangkualam.

Hingga kekinian, Asnawi Mangkualam masih bertahan di Korea. Ia bahkan menjadi salah satu andalah klub Jeonnam Dragons.

Baca Juga:
Malaysia Resmi Umumkan Skuat untuk Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia Wajib Waspada

Load More