Husna Rahmayunita
Pelatih baru Timnas Futsal Indonesia, Marcos Sorato. (Instagram/@federasifutsal_id)

Bolatimes.com - Marcos Aurelio Sorato, mantan pelatih Timnas Futsal Brasil yang resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Futsal Indonesia.

Federasi Futsal Indonesia (FFI) memutuskan menunjuk Marcos Sorato sebagai pengganti Mohamad Hashemzadeh yang mundur pada Juli 2023 lalu.

Kabar penunjukkan Marcos Sorato sebagai pelatih baru Timnas Futsal Indonesia dikonfirmasi oleh FFI pada Jumat (4/8/2023).

Baca Juga:
Profil Nendi Rohaendi, Wasit di Laga PSS Sleman versus Persija Jakarta yang Jadi Sasaran Oknum Suporter

Kesuksesan Aurelio bersama Timnas Futsal Brasil menjadi alasan pemilihan FFI menunjuk Sorato sebagai pelatih baru Timnas Futsal Indonesia.

Penunjukkan Sorato juga diharapkan mampu membawa Timnas Futsal Indonesia meraih prestasi mentereng di kancah internasional.

"Federasi Futsal Indonesia dengan cepat merekrut Marcos Aurelio Sorato Zapelini," bunyi pernyataan FFI.

Baca Juga:
Disinggung soal Kans Egy Maulana Vikri Kembali ke Timnas Indonesia, Begini Kata Shin Tae-yong

"Mantan pemain futsal sukses dari Brazil, sebagai pelatih utama Timnas Futsal Indonesia.

"Diharapkan kedatangannya akan membawa prestasi lebih gemilang bagi Timnas Futsal Indonesia di masa depan." imbuh mereka.

Melihat trek mentereng Sorato, sederet pemain futsal top dunia pernah jadi anak asuhnya khususnya saat menukangi Timnas Futsal Brasil.

Baca Juga:
Fajar/Rian Gugur di Australian Open 2023, Coach Naga Api Soroti Permainan Monoton

Lantas siapa saja pemain top yang dimaksud? berikut tiga pemain futsal top yang pernah ditukangi Marcos Sorato.

1. Alessandro Rosa Vieira (Falcao)

Alessandro Rosa Vieira atau akrab disapa Falcao, siapa yang tak kenal pemain futsal asal Brasil yang satu ini meski sudah pensiun pada 2018 lalu.

Baca Juga:
Diwawancarai Media Belanda, Rafael Struick Sebut Hidupnya Berubah Total usai Bela Timnas Indonesia Lawan Argentina

Pemain futsal terbaik dunia selama empat kali di antaranya edisi 2004, 2006, 2011 dan 2012, edisi terakhir cukup spesial.

Pasalnya saat itu Falcao sukses membawa Timnas Futsal Brasil meraih gelar juara Piala Dunia Futsal 2012 di bawah asuhan Marcos Sorato.

2. Dovenir Domingues Neto

Pemain yang akrab disapa Neto ini merupakan pemain terbaik Piala Dunia Futsal 2012, setelah berhasil mengantar negaranya meraih gelar juara.

Kesuksesan Neto meraih gelar pemain terbaik saat itu juga berkat polesan sang pelatih, Marcos Sorato yang kini bakal menukangi Timnas Futsal Indonesia.

3. Fernandinho

Masih dari Brasil, juga di ajang Piala Dunia Futsal 2012 dialah Fernandinho sebagai pencetak gol terbanyak ketiga di ajang tersebut.

Fernandinho hanya terpaut satu gol dari pencetak gol terbanyak kedua Piala Dunia Futsal 2012 asal Italia, Rodolfo Fortino (8 gol).

Kemudian terpaut dua gol dari pencetak gol terbanyak ajang itu, Eder Lima pemain andalan Timnas Futsal Rusia yang mencetak 9 gol.

Kontributor: Eko
Load More