Rauhanda Riyantama
Curtis Jones cetak dua gol saat Liverpool kalahkan Leicester City 3-0. (AFP)

Bolatimes.com - Indonesia di masa lalu kerap menjadi destinasi liburan para klub top Eropa yang menjalani tur pramusim mereka, tak seperti beberapa tahun terakhir.

Fanatisme publik Indonesia soal sepak bola pernah diapresiasi sederet klub ternama Eropa lewat agenda tur pramusim mereka.

Raksasa Bundesliga hingga sederet klub big four Liga Inggris pernah menjajal Timnas Indonesia dalam balutan laga pramusim.

Baca Juga:
Piala AFF U-23 Bukan Prioritas, Berikut Sederet Bintang yang Kemungkinan Tak Dipanggil Shin Tae-yong

Meski belum pernah merasakan kemenangan atas tim-tim Eropa tersebut, pecinta sepak bola terpuaskan dengan kehadiran para pemain idola.

Berikut ini lima klub top Eropa yang pernah menggelar tur pra musim di Indonesia, dua di antaranya dari daratan Inggris.

1. Bayern Munich (2008)

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Kena Comeback, PSM Makassar Tumbang atas Tamunya Persik Kediri

Raksasa Jerman, Bayern Munich menyambangi Tanah Air pada Mei 2008 dan bertanding melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Bayern Munich yang saat itu masih diperkuat Oliver Kahn sukses mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak 5-1, Bambang Pamungkas nyekor untuk skuad Garuda.

Lima gol The Bavarian masing-masing dicetak Breno Borges, Viktor Bopp, Jan Schlaudraff dengan dua gol, dan Toni Kroos.

Baca Juga:
Pamer Klub Baru, Pemain Keturunan Ilias Alhaft Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

2. Inter Milan (2012)

Inter Milan mengunjungi Indonesia pada 2012, dipimpin Javier Zanetti saat itu melawan Timnas Indonesia di SUGBK pada Mei 2012.

Pertandingan berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Inter Milan yang saat itu diperkuat Philippe Coutinho dan Giampaolo Pazzini.

Baca Juga:
Belum Turunkan Semua Pemain, Bima Sakti Ubah Formasi Timnas U-17 saat Hadapi Kashima Antlers?

Sementara dua gol Timnas Indonesia bentukan PSSI pada saat itu dicetak oleh Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol.

3. Liverpool (2013)

Liverpool mengawali klub Premier League yang melakoni tur pra musim di Indonesia, tepatnya pada Juni 2013 melawan Indonesia XI.

The Reds yang dipimpin Steven Gerrard sukses membungkam Timnas Indonesia dengan skor akhir 2-0, lewat sepakan Philippe Coutinho dan Raheem Sterling.

4. Chelsea (2013)

Satu bulan berselang giliran Chelsea yang datang ke Jakarta, The Blues menorehkan kemenangan telak atas Timnas Indonesia dengan skor 8-1.

Eden Hazard, John Terry, Ramires, hingga Demba Ba sukses mencatatkan nama mereka di papan skor kemenangan The Blues atas Indonesia.

5. Juventus (2014)

Juventus menyambangi Indonesia melawan ISL All Stars pada 2014 dan berhasil memetik kemenangan telak dengan skor 8-1.

Saat itu Si Nyonya Tua masih diperkuat Andrea Pirlo yang turut menyumbang satu gol, adapula Carlos Tevez hingga Kingsley Coman.

Satu-satunya gol yang dicetak ISL All Stars saat itu lewat aksi Xherdan Lopicic.

Kontributor: Eko
Load More