Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong sudah kantongi nama-nama pemain yang akan dipanggil untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Akankah didominasi wajah baru?

Sebagaimana diketahui, Piala AFF U-23 tak jadi prioritas PSSI mengingat jadwal padat yang harus dihadapi Timnas Indonesia. Besar kemungkinan Timnas Indonesia U-23 akan dihuni sejumlah wajah baru.

Meski demikian, TC sejauh ini belum digelar karena masih menunggu restu dari klub untuk melepas pemain. Apalagi kejuaraan tersebut bukan agenda FIFA, sehingga klub sah-sah saja tidak melepas pemainnya ke tim nasional.

Baca Juga:
Piala AFF U-23 di Depan Mata, PSSI Tunggu Restu Klub untuk TC Timnas Indonesia U-23

Oleh sebab itu akan ada komunikasi yang dilakukan dengan klub. Apalagi, rencananya, pemain-pemain yang dipanggil akan didominasi wajah baru.

"Dari coach Indra Sjafri sudah mempersiapkan tim Asian Games. Sudah ada list-nya. Coach Shin Tae-yong juga sudah tahu siapa pemain yang dipanggil dan tinggal izin ke klub," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

"Izin yang dilepas dan tidak dilepas itu oleh klub, tapi kita konsisten, AFF dan Asian games sasaran antara, kita harus disepakati kondisi pemain, apalagi mayoritas pemain muda," sambungnya.

Baca Juga:
Profil Kashima Antlers U-18, Calon Lawan Berikutnya Timnas Indonesia U-17 di IYC 2023

Erick Thohir menyebut pihaknya tidak akan menyudutkan klub untuk melepas pemain. Tetapi, ia berharap ada pengertian dari klub karena ini kepentingan tim nasional.

"Nanti negosiasi antarklub dan Timnas, tapi saya tak mau memojokkan klub. Harus komitmen dengan kalender yang sudah disepakati. Misal AFF, Asian Games, kita kompromi," ia menambahkan.

Piala AFF U-23 dan Asian Games adalah sasaran antara. PSSI fokus dengan kejuaraan lain seperti Piala Dunia U-17, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Australian Open 2023: Libas Wakil Malaysia, Rinov/Pitha ke Perempat Final

"Saya tak mau menekan pelatih. Saya ingin mereka mempersiapkan tim dengan baik, entah itu coach Bima (Sakti), Indra, dan Shin Tae-yong. Khusus Bima ada pendamping dan diharapkan bisa jadi jangka panjang," pungkasnya.

Adapau Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus mendatang. Timnas Indonesia U-23 akan langsung melawan Malaysia di laga perdana.

Baca Juga:
Daftar Calon Lawan 3 Negara ASEAN di FIFA Matchday September 2023, Indonesia Cuma Gelar 1 Pertandingan

Load More