Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain timnas Indonesia U-23 merayakan gol yang dicetak Egy Maulana Vikri dalam matchday kedua Grup A SEA Games 2021 antara Timnas Indonesia vs Timor Leste di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/5/2022) malam WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 hingga saat ini belum menggelar persiapan jelang Piala AFF U-23 2023 yang sudah di depan mata. Ternyata, PSSI masih menunggu restu dari klub untuk memulai TC.

Di sisi lain, pelatih Shin Tae-yong sudah mengantongi nama-nama untuk menjalani training camp (TC) jelang Piala AFF U-23 2023.

Adapun kejuaraan tersebut bukan agenda FIFA. Itu berarti klub sah-sah saja tidak melepas pemainnya ke tim nasional.

Baca Juga:
Profil Kashima Antlers U-18, Calon Lawan Berikutnya Timnas Indonesia U-17 di IYC 2023

Apalagi, PSSI menjadikan Piala AFF U-23 dan Asian Games 2022 sebagai sasaran utama. Itu artinya tidak ada target tinggi yang dibebankan kepada kejuaraan ini.

Oleh sebab itu akan ada komunikasi yang dilakukan dengan klub. Apalagi, rencananya, pemain-pemain yang dipanggil akan didominasi wajah baru.

"Dari coach Indra Sjafri sudah mempersiapkan tim Asian Games. Sudah ada list-nya. Coach Shin Tae-yong juga sudah tahu siapa pemain yang dipanggil dan tinggal izin ke klub," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga:
Australian Open 2023: Libas Wakil Malaysia, Rinov/Pitha ke Perempat Final

"Izin yang dilepas dan tidak dilepas itu oleh klub, tapi kita konsisten, AFF dan Asian games sasaran antara, kita harus disepakati kondisi pemain, apalagi mayoritas pemain muda," sambungnya.

Erick Thohir menyebut pihaknya tidak akan menyudutkan klub untuk melepas pemain. Tetapi, ia berharap ada pengertian dari klub karena ini kepentingan tim nasional.

"Nanti negosiasi antarklub dan Timnas, tapi saya tak mau memojokkan klub. Harus komitmen dengan kalender yang sudah disepakati. Misal AFF, Asian Games, kita kompromi," pungkasnya.

Baca Juga:
Daftar Calon Lawan 3 Negara ASEAN di FIFA Matchday September 2023, Indonesia Cuma Gelar 1 Pertandingan

Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus mendatang. Timnas Indonesia U-23 akan langsung melawan rival bebuyutan Malaysia di laga perdana, kemudian menghadapi Timor Leste.

Load More