Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong dibebani target besar setelah memperpanjang kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ada dua beban yang harus diwujudkan.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong dapat perpanjangan kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga Juni 2023. Namun, untuk perpanjangan kontraknya, ia akan menghadapi sasaran yang menantang dari Erick Thohir.

Tantangan pertama adalah membawa Timnas Indonesia melaju hingga ke ronde terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara itu, sasaran kedua adalah mengantarkan Timnas Indonesia ke Olimpiade 2024.

Baca Juga:
Menpora Beri Bocoran Venue Piala Dunia U-17 2023 Hanya di Pulau Jawa

“Waktu bicara dengan pak Erick ada 2 project. Pertama lolos sampai kualifikasi babak terakhir di Piala Dunia 2026.” Dikutip dari Youtube Pebasket Sombol milik Denny Sumargo.

“Kemudian yang kedua adalah lolos ke Olympic Paris.” Lanjutnya.

Untuk mencapai target yang ditetapkan oleh Erick Thohir, Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia harus menjalani 16 laga secara keseluruhan.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-17 vs Barcelona Juvenil A, Pemanasan Piala Dunia U-17 2023

Untuk melaju ke putaran terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026, mereka memerlukan delapan laga, terdiri dari dua laga di ronde pertama melawan Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober 2023, dan enam laga di ronde kedua melawan Irak, Vietnam, dan Filipina yang akan dilaksanakan pada November 2023 hingga Juni 2024.

Timnas Indonesia dapat lolos ke putaran terakhir jika berhasil menjadi juara atau runner-up grup di babak kedua.

Jika berhasil melaju ke ronde ketiga, mereka dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2027 dan akan berjuang untuk mendapatkan 8,5 tiket ke putaran final Piala Dunia.

Baca Juga:
Beda Nasib Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Belanda, Cuma Satu yang Promosi ke Tim Utama

Sementara itu, untuk Olimpiade 2024, Timnas U-23 Indonesia akan berkompetisi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Mereka harus menjalani dua laga pada September 2023 melawan China Taipei dan Turkmenistan, dan setelah itu, jika berhasil lolos ke putaran final, Timnas U-23 Indonesia harus berada di tiga tim terbaik pada turnamen tersebut.

Untuk mencapai hal ini, mereka harus lolos dari fase grup yang melibatkan tiga laga. Kemudian, minimal harus mencapai partai puncak atau menang di laga perebutan tempat ketiga.

Baca Juga:
Ikut Bangga, Media Malaysia Sanjung Elkan Baggott yang Dapat Nomor Punggung di Ipswich Town

Jadi, secara total, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia dalam 16 laga untuk mencapai target yang ditetapkan oleh Erick Thohir.

(Kontributor: Imadudin Robani Adam)

Load More