Husna Rahmayunita | Gagah Radhitya Widiaseno
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan wejangan kepada pesepak bola. Ia menegaskan, sikap lebih utama ketimbang skill.

Pelatih yang dikenal dengan julukan STY ini mengungkapkan salah satu hal yang cukup mendasar bagi calon pesepak bola profesional.

Mulanya, Denny Sumargo bertanya apakah kalau ada pemain terlambat bakal dicoret dari tim.

Baca Juga:
Piala AFF U-23 2023: Asisten Shin Tae-yong Bocorkan Timnas U-23 Bakal Diperkuat Banyak Pemain Baru

"Kalau misalnya ada pemain, dia terlambat bangun untuk latihan, dia akan dikeluarin dari tim. Apakah itu benar?" tanya Denny Sumargo kepada STY di  akun Youtube PEBASKET SOMBONG Denny Sumargo. 

Pelatih asal Korea Selatan itupun meng-iya-kan pertanyaan dari Denny Sumargo itu. STY mengaku tak segan untuk mencoret pemain yang telat datang latihan. Ia pun akan menerapkan regulasi yang pasti soal kedisiplinan dan attitude para pemain.

"Jadi, apa yang dikatakan oleh Denny itu benar semua," jelas pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga:
Bersaing Ketat di Seleksi Timnas Indonesia U-17, Lionel Sinathrya: Semua Ingin Keterima

"Semua (pemain) harus keras di awal ya. Kenapa pelatih harus melakukan seperti itu ya karena sebelumnya belum pernah ada regulasi yang jelas," tambahnya

"Jadi mau diadakan regulasi jelas, biar bisa ada pengaruh baik sampai ke pertandingan nanti," beber eks pelatih Korea Selatan.

STY juga menambahkan jika attitude pemain menjadi poin penting dalam pemanggilan Timnas Indonesia. Menurutnya, sebagai pemain harus bisa menjadi manusia dengan sama-sama saling menghargai.

Baca Juga:
Dicoret dari Timnas Indonesia U-17, Jebolan Akademi Belanda Dapat Pesan Menyentuh dari Sang Ayah

"Sebelum jadi pemain bola kita harus menjadi manusia dulu. Harus sama-sama menghargai dan sama-sama respect," tegas Shin Tae-yong.

"Sebelum kita membicarakan bola kita harus menjadi manusia yang baik," tambah pelatih 52 tahun itu.

Jadi, skill bukan jaminan utama Shin Tae-yong untuk memanggilnya.

Baca Juga:
Bawa Timnas Voli Putra Indonesia Dua Kali Bungkam Thailand di SEA V League 2023, Boy Arnez: Alhamdulillah

Terlepas dari hal tersebut, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu tengah mencari pemain yang akan digunakan untuk berlaga di Piala AFF U-23 2023, Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, hingga FIFA Matchday September 2023.

Load More