Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Negara-negara ASEAN bakal melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC. Tiga negara diprediksi bisa lolos hingga ronde ketiga.

Dengan bertambahnya kuota peserta di Piala Dunia 2026 mendatang menjadi 48 tim dari 32, maka jatah peserta dari Asia ikut bertambah.

Kini Asia punya jatah 8 slot langsung menuju putaran final Piala Dunia melalui jalur kualifikasi dan satu lagi lewat play-off antar konfederasi.

Baca Juga:
Tren Buruk Persebaya Kembali Berlanjut, Aji Santoso: Kami Akan Tetap Selalu Berusaha

Kondisi ini membuat negara-negara dari Asia Tenggara punya peluang lebih besar untuk mentas di ajang sepak bola terbesar sejagat.

Peluang akan semakin besar jika di antara negara-negara ASEAN ini bisa lolos hingga ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC. Siapa saja tim yang difavoritkan?

1. Indonesia

Baca Juga:
Sikap Lebih dari Skill, Shin Tae-yong Tak Ragu Coret Pemain yang Sikapnya Buruk

Progres nyata yang dialami Timnas Indonesia selama dilatih Shin Tae-yong membuat publik yakin prestasi bakal segera didapatkan.

Timnas Indonesia sendiri harus melewati kualifikasi dari ronde pertama dengan melawan Brunei Darussalam. Jika lolos ke ronde kedua, Indonesia akan tergabung di Grup F dengan Irak, Vietnam, dan Filipina.

2. Malaysia

Baca Juga:
Sabar, Witan Sulaeman Ungkap Alasan Maciej Gajos Belum Gacor bersama Persija Jakarta

Berbeda dengan Timnas Indonesia, Malaysia sudah lolos ke ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC karna peringkat FIFA.

Malaysia tergabung di Grup D bersama Oman, Kyrgyzstan, dan pemenang antara Taiwan vs Timor Leste. Melihat peta kekuatan, Malaysia harusnya bisa menyegel posisi juara grup atau runner-up untuk lolos ke ronde ketiga.

3. Thailand

Baca Juga:
Hasil Pramusim: Tren Kemenangan Terhenti, Manchester City Tumbang dari Atletico Madrid

Thailand sudah menjadi kekuatan sepak bola Asia Tenggara sejak lama. Thailand juga langsung memulai dari ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC.

Thailand ada di Grup C berama Korea Selatan, China, dan pemenang antara Singapura vs Guam. Menilik kekuatan, China dan Korea Selatan menjadi lawan paling berat.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More