Irwan Febri Rialdi | Gagah Radhitya Widiaseno
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan betapa pentingnya sebuah sikap bagi seorang pesepak bola. Ia tak segan mencoret pemain yang attitude-nya dianggap kurang.

Hal itu dibahas Shin Tae-yong ketika jadi bintang tamu dalam podcast Pebasket Sombong milik Denny Sumargo yang tayang di YouTube beberapa hari lalu.

Denny Sumargo yang merupakan mantan bintang Indonesian Basketball League (IBL), bertanya terkait ketegasan Shin Tae-yong terhadap para pemainnya.

Baca Juga:
Sabar, Witan Sulaeman Ungkap Alasan Maciej Gajos Belum Gacor bersama Persija Jakarta

Denny menanyakan apakah benar juru taktik asal Korea Selatan itu tidak segan mencoret pemain yang tak bersikap profesional.

"Kalau misalnya ada pemain, dia terlambat bangun untuk latihan, dia akan dikeluarin dari tim. Apakah itu benar?" tanya Denny Sumargo.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong foto bersama Ivar Jenner di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam. [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo]

Shin Tae-yong pun dengan tegas menjawab bahwa apa yang dikatakan Denny seluruhnya benar. Dia pun menekankan kembali bahwa sikap yang baik adalah dasar yang harus dimiliki semua pesepak bola.

Baca Juga:
Hasil Pramusim: Tren Kemenangan Terhenti, Manchester City Tumbang dari Atletico Madrid

"Apa yang dikatakan oleh Denny itu benar semua," kata Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, para pesepak bola harus menyadari bahwa mereka perlu menjadi manusia yang baik terlebih dahulu sebelum bisa memandang dirinya sebagai atlet profesional.

Sikap yang baik sebagai manusia dinilai Shin Tae-yong merupakan poin penting bagi seluruh pesepak bola dalam perjuangan menjalani kariernya.

Baca Juga:
Hasil Laga Pramusim: Liverpool Bantai Leicester City 4-0, Darwin Nunez Cetak Gol

"Sebelum jadi pemain bola kita harus menjadi manusia dulu. Harus sama-sama menghargai dengan sama-sama respect," jelas Shin Tae-yong.

"Sebelum kita membicarakan bola kita harus menjadi manusia yang baik," tambahnya.

Shin Tae-yong saat ini tengah mempersiapkan skuad Timnas Indonesia du dua kelompok umur yakni U-23 dan senior untuk menghadapi agenda terdekat.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Madura United Bungkam Tuan Rumah Barito Putera, Naik ke Posisi Dua Klasemen

Timnas U-23 sudah ditunggu Piala AFF U-23 2023, sementara Timnas Indonesia akan memainkan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia hingga FIFA Matchday September 2023 kontra Turkmenistan.

Load More