Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Sejumlah petugas pengamanan internal (steward) melerai para pemain yang terlibat insiden keributan saat babak terakhir yang dimenangkan Bali United melawan Dewa United, 3-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (29/7/2023) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Bolatimes.com - Pelatih Dewa United, Johannes Hendrikus Olde Riekerink, menjelaskan penyebab insiden keributan saat dijamu Bali United setelah babak kedua berakhir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali. Ia menilai itu akibat komentar antarpemain.

"Saya 100 persen berdasarkan fakta bahwa itu tidak adil terkait (komentar) apa yang telah dilontarkan," kata Riekerink saat jumpa pers setelah pertandingan melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu.

Ia menyebutkan ada beberapa kata-kata yang dilontarkan kepada salah satu pemainnya, Ricky Kambuaya sesaat setelah wasit Nendi Rohaendi meniupkan pluit tanda pertandingan babak kedua berakhir.

Baca Juga:
Vietnam Mulai Latihan Jelang Piala AFF U-23 2023, Agendakan Pertandingan Lawan Tim Asia Barat

Gelandang bertahan itu kemudian menghampiri tempat duduk pemain (bench) Bali United hingga timbul keributan.

Insiden singkat itu kemudian dilerai dan ditenangkan oleh sejumlah petugas keamanan (steward) internal di lapangan Stadion Dipta Gianyar.

Tak berselang lama, kedua tim kemudian saling bersalaman di pinggir lapangan dan situasi kembali kondusif.

Baca Juga:
Lionel Sinathrya, Putra Darius Sinathrya yang Sekolah Sepak Bola di Prancis Ternyata Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-17

"Dia (Ricky Kambuaya) orang yang spesial saya memang tidak lama mengenal dia tapi saya tahu dia jujur, terbuka dan adil," ucapnya kepada awak media saat konferensi pers usai laga.

Sementara itu, Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra menjelaskan persoalan keributan antarpemain itu sudah selesai.

Ia mengungkapkan insiden itu terjadi karena dipicu faktor emosional pemain.

Baca Juga:
Media Malaysia Soroti Langkah Brunei Darussalam: Susun Strategi untuk Kejutkan Timnas Indonesia

"Saya pikir ini situasi emosional, pasti Dewa United tidak mau kalah karena dia di posisi nomor satu (klasemen) tapi kami di kandang juga mau menang. Ini (insiden) sudah selesai, pemain sudah bertemu sesama pemain setelah tanding," imbuhnya.

Pada menit terakhir hingga tambahan waktu tiga menit berakhir, wasit memberikan kartu kuning kepada pemain Bali United Ilija Spasojevic dan Ricky Kambuaya.

Bali United menjamu Dewa United pada pekan kelima Liga 1 Indonesia 2023/2024 dengan hasil akhir dimenangkan tim tuan rumah, 3-1.

Baca Juga:
Pelatih Vietnam Congkak, Sesumbar Tak Takut Bertemu Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan kemenangan tersebut, Bali United meraih tiga poin sehingga menjadi total sembilan poin pada klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar itu kini bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 Indonesia.

Gol kemenangan klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu dicetak oleh Jefferson Assis melalui tendangan penalti pada menit 47, kemudian Ilija Spasojevic pada menit 71 dan Kadek Agung pada menit ke-77.

Sedangkan satu gol Dewa United dicetak oleh Ricky Kambuaya pada menit ke-29.

(Antara)

Load More