Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto dan sujumlah pemain yang meluapkan kekecewaannya usai laga penyisihan grup Piala AFF U-19 melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Meskipun menang dengan skor 5-1, Indonesia U-19 tetap tersingkir dari Piala AFF U-19. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Bolatimes.com - Asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto, memberikan pandangan mengenai event tim nasional yang semakin dekat. Ia berharap ada sinergi yang bagus antara klub dengan tim nasional.

Hasil drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 menempatkan timnas Indonesia di Pot 1 dan membuat mereka akan berhadapan dengan Brunei Darussalam, sesama tim dari Asia Tenggara.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung dalam dua leg pada tanggal 12-17 Oktober 2023.

Baca Juga:
Tak Anggap Saingan, Ilham Rio Fahmi Siap Belajar dari Oliver Bias

Jika berhasil mengalahkan Brunei Darussalam, timnas Indonesia akan maju ke babak kedua kualifikasi.

Namun, persiapan Timnas Indonesia menuju event tersebut diprediksi bakal berat mengingat pelatih Shin Tae-yong juga fokus mempersiapkan timnas Indonesia U-23 jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Turnamen ini akan berlangsung di Solo pada 4-12 September 2023. Sebelumnya, timnas Indonesia U-23 juga akan mengikuti Piala AFF U-23 2023 di Thailand pada 17-26 Agustus 2023.

Baca Juga:
Rio Fahmi Ungkap Alasan Tolak Jadi Polisi, Pilih Jadi PNS

Nova Arianto saat mendampingi Shin Tae-yong di timnas Indonesia. (Instagram/novarianto30)

Nova Arianto menyadari bahwa jadwal padat ini tidak akan mudah untuk dihadapi.

Namun, dia meyakini bahwa dengan dukungan penuh dari semua pihak, timnas Indonesia bisa menjalani agenda padat ini dengan baik.

“Serangkaian agenda Tim Nasional dalam waktu dekat akan berjalan, pastinya bukan pekerjaan yang mudah dan Tim Nasional pastinya butuh doa, support dan dukungan dari semua pihak,” tulis Nova Arianto di Instagram pribadinya @novarianto, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Korea Utara Jelang Duel di Asian Games 2022, Siapa Paling Superior?

Mantan pemain Persib Bandung menyampaikan bahwa situasi saat ini tentu tidak mudah bagi timnas Indonesia. Salah satu tantangan utama adalah jadwal yang berbarengan antara agenda timnas dengan kompetisi Liga 1 2023/2024 yang sedang berlangsung.

Kondisi ini membuat tim pelatih timnas menghadapi tantangan tersendiri. Di satu sisi, klub membutuhkan para pemain untuk tetap bermain bersama tim di kompetisi liga.

Namun, di sisi lain, tim pelatih timnas harus menjalankan program persiapan dari awal pemusatan latihan (TC) hingga pertandingan.

Baca Juga:
Persija Jakarta Beberkan Alasan Cuma Pakai Lima Pemain Asing di BRI Liga 1 2023

Nova pun berharap klub bisa mengakomodir kebutuhan Timnas Indonesia akan pemain. Dia berharap polemik di mana tarik ulur kepentingan antara tim nasional dan klub tak lagi terulang.

“Karena mempersiapkan Tim Nasional disaat kompetisi sedang berjalan akan menjadi tantangan tersendiri buat coaching staff,” jelas Nova Arianto.

“Karena harapan kami program dan rencana yang sudah dibuat Head Coach dan coaching staff semuanya bisa berjalan dengan lancar."

“Semoga tercipta komunikasi yang baik antara klub dan Tim Nasional karena pastinya tidak ada yang mau dirugikan disini,” kata Nova.

“Tetapi dengan komunikasi yang baik semoga semuanya akan bisa berjalan beriringan dengan baik.”

Load More