Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia diprediksi bisa meraih kemenangan dengan mudah saat bertanding melawan Timnas Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia harus terlebih dahulu menyingkirkan Timnas Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia untuk mendapatkan tiket melaju ke fase selanjutnya.

Menurut jadwal, duel antara Indonesia kontra Brunei Darussalam bakal berlangsung selama dua leg. Pertandingan perdana digelar pada 12 Oktober 2023. Lalu, leg kedua bakal berlangsung pada 17 Oktober 2023.

Baca Juga:
Kisah Sri Lanka, Dibekukan FIFA tapi Ikut Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Jika dibandingkan dengan Brunei Darussalam, skuad Garuda memang punya banyak keunggulan yang membuat mereka bisa mengamankan laga ini dengan kemenangan. 

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Indonesia bisa dengan mudah mengalahkan Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

1. Unggul Rekor Pertemuan

Baca Juga:
3 Pemain Andalan Brunei Darussalam yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Apabila merujuk pada data yang disediakan oleh laman 11v11, Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam sudah pernah 11 kali berjumpa pada semua ajang yang berbeda, utamanya di level Asia Tenggara.

Skuad Merah Putih memang cenderung dominan karena sukses memenangkan tujuh pertandingan. Sementara itu, Brunei Darussalam tercatat dua kali meraih kemenangan, dan dua laga lainnya berakhir imbang.

Dominasi skuad Garuda juga kembali terasa dalam empat pertemuan terakhir. Sebab, Indonesia selalu berhasil meraih kemenangan atas tim yang berjulukan Tebuan alias Tawon ini.

Baca Juga:
Debut Andre Onana bersama Manchester United, Kena Chip dan Salto

2. Brunei Terlalu Lemah

Apabila dibandingkan kekuatannya, Timnas Indonesia juga masih terhitung jauh lebih kuat ketimbang Brunei Darussalam. Hal itu sudah terbukti pada beberapa pertandingan terakhir antara kedua kubu.

Di level Asia Tenggara, Indonesia setidaknya bisa bersaing dengan Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Sedangkan Timnas Brunei Darussalam masih belum bisa berbicara banyak di level regional.

Baca Juga:
Profil Mario Rivera, Pelatih asal Spanyol yang Akan Adu Taktik dengan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Oleh karena itu, laga selanjutnya diprediksi bakal mudah dimenangkan oleh anak asuh Shin Tae-yong. Sebab, ada ketimpangan kualitas antara kedua kubu.

3. Indonesia Lebih Percaya Diri

Selama diasuh oleh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia memang sudah memperlihatkan perkembangan yang luar biasa. Dari segi permainan, skuad Garuda lebih enak ditonton dan punya daya juang.

Perkembangan positif ini turut difasilitasi oleh PSSI dengan menghadirkan lawan-lawan kelas dunia seperti Timnas Argentina pada pertandingan FIFA Matchday periode Juni 2023 lalu.

Pengalaman seperti ini jelas memberikan kepercayaan diri tambahan untuk Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More